Jalan Amblas Disebabkan Adanya Penggerusan Tanah

Kondisi jalan amblas di Jalan Terusan Bondowoso, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang. (Foto : Istimewa)
Kondisi jalan amblas di Jalan Terusan Bondowoso, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang. (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Kejadian jalan ambrol di Jalan Terusan Bondowoso, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Senin, (28/11/2016) kemarin penyebab utamanya akibat tergerusnya tanah akibat tak mampu menahan derasnya air.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Malang, Djarot. E. Sulistyono usai melakukan pengecekan di lokasi tanah ambles mengatakan penyebab utama kejadian jalan ambrol, karena derasnya aliran air yang menggerus tanah di dalam dorong-gorong.

"Saat kami melakukan pengecekan ternyata disebabkan adanya penggerusan tanah yang mengakibatkan jalan ambrol. Kalau kedalaman drainase sekitar 3 meter," kata Sulistyono.

Pria yang kerab disapa Jarot ini menerangkan tim yang melakukan evakuasi jalan ambrol, ternyata di dalam gorong-gorong ditemukan drainase tua. Drainase tersebut merupakan peninggalan dari kolonial Belanda.

"Jadi, indikatornya ada air yang mengalir ke situ, lama-lama mengakibatkan penimbunan. Air tidak bisa keluar dengan lancar, karena ada saluran yang tersumbat. Hingga akhirnya air meluber dan menggerus tanah jalan," terangnya.

Upaya yang dilakukan Dinas PU menanggapi hal seperti ini yakni mendatangkan alat berat untuk dibongkar. "Tujuannya, agar kita mengetahui apa penyebab utamanya," ujar Jarot.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Anang Sugara
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top