Takmir Keluhkan Investor Telekomunikasi yang Pakai Menara Masjid

Boedi Utomo, kabid postel Kominfo Kota Malang. (Anggara/MalangTIMES)
Boedi Utomo, kabid postel Kominfo Kota Malang. (Anggara/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG - Pemanfaatan atau pengalihan fungsi menara radio dan menara masjid sebagai menara telekomunikasi menjadi fokus perhatian Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Malang untuk dibina.

Boedi Utomo, kabid postel Diskominfo Kota Malang, menjelaskan, pengalihan fungsi ini menjadi perhatian karena memang selama ini ada beberapa keluhan terkait hal itu dari pengurus masjid. Keluhannya, investor atau pemilik menara telekomunikasi terlihat kurang perhatian dan menyamakan perjanjian kerja sama (PKS) dengan individu maupun instansi.

"Seharusnya para investor kan harus lunak terhadap menara yang dibangun di area masjid. Ssedikit lebih mengertilah. Ini kan tempat ibadah. Entah membantu retribusi atau apa," ujarnya.

Boedi melanjutkan, investor harus membedakan antara fasos (fasilitas sosial) dan bukan.   "Masjid ini kan fasos. Jadi, harus diperhatikan semua kepentingan juga untuk bersama" ujarnya.

Menurut Boedi, saat adanya sosialisasi dengan investor dan sejumlah pengurus masjid atau takmir, banyak yang menyampaikan keluhan terhadap diskominfo maupun investor. Misalnya keluhan terkait retribusi yang ditanggungkan pihak masjid karena memang tidak tahu saat perjanjian kerja sama diteken.

"Kami juga akan bersama-sama membahas aturan baku kepada pihak investor dan pihak masjid yang masih awam. Jadi, ada yang memang belum paham. Karena itu, nanti akan kami bantu perjelas agar kejadian seperti tiba-tiba masjid dapat surat tagihan retribusi bisa dibebankan ke investor," ungkapnya.

Diskominfo juga akan melakukan fasilitasi pembinaan terkait hal itu untuk lebih memperjelas aturan main ketika menara berdiri bersama menara radio atau masjid

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Anang Sugara
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top