Inilah Berbagai Kasus Penistaan Islam yang Hebohkan Masyarakat

Cuplikan Film Innocence of Muslims di Youtube yang melecehkan Nabi Muhammad SAW. (Foto Youtube)
Cuplikan Film Innocence of Muslims di Youtube yang melecehkan Nabi Muhammad SAW. (Foto Youtube)

MALANGTIMES - Kasus penistaan Islam di Indonesiamemiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum Ahok, beberapa nama populer pernah juga tersandung masalah ini.

Malangtimes mencoba merangkum kasus penistaan agama ini, baik di Indonesia maupun dunia.

1. Ahok
Ahok dijadikan tersangka terkait pernyataannya soal Surat Al Maidah 51. Pernyataan yang kemudian viral dan menimbulkan demonstrasi besar-besaran

2. Lia Aminudin atau Lia Eden  
Lia Eden dua kali dijebloskan penjara (2006 dan 2009) gara-gara mengaku sebagai Imam Mahdi dan mendapat wahyu dari Malaikat Jibril. Lia juga mengaku pernah bertemu Bunda Maria.

3. Arswendo Atmowiloto 
Penulis dan wartawan ini pernah dijebloskan penjara selama empat tahun enam bulan karena survei Tabloid Monitor pada tahun 1990.

Dalam survei tokoh pilihan pembaca tersebut, Presiden Soeharto kala itu berada di tempat pertama. Sementara Nabi Muhammad di urutan 11.

4. Permadi 
Paranormal Permadi menghujat Nabi Muhammad dalam panel Forum Lembaga Kepresidenan di Universitas Gadjah Mada (UGM), 28 April 1994. Permadi menyebut Nabi Muhammad sebagai seorang diktator. Akhirnya Permadi diproses secara hukum dengan tuduhan menghina agama Islam.

5. H.B. Jassin
Sastrawan H.B. Jassin banyak dikritik setelah menerbitkan cerita pendek Langit Makin Mendung karena penggambaran Allah, Nabi Muhammad, dan Malaikat Jibril. Gara-gara kasus ini, kantor majalah Sastra di Jakarta diserang massa. Jassin dijatuhi hukuman percobaan selama satu tahun.

Kasus penistaan  terhadap Islam juga dilakukan di negeri-negeri Barat.

1. Ayaan Hirsi Ali
Politisi Belanda kelahiran Somalia ini mengecam Islam sebagai agama terbelakang dan merendahkan wanita. Dia juga menuduh Rasulullah Muhammad sebagai orang yang sesat dan pervers (mempunyai kelainan seksual) karena menikahi Aisyah ra yang masih kanak-kanak. 

2. Theo Van Gogh membuat film yang berjudul “Submission”. Dalam film itu dia menuduh Alquran mendorong kekacauan dan pemerkosaan terhadap seluruh anggota keluarga.

3. Pastor Terry Jones asal Florida mengajak seluruh warga AS membakar Alquran dalam peringatan Tragedi 9/11. Dia pun membakar Alquran dan gambar yang diklaim sebagai gambar Nabi Muhammad SAW di sebuah lubang api portabel.

3. Koran Jyllands-Posten Denmark menerbitkan kartun-kartun Nabi Muhammad saw. Dalam kartun tersebut, digambarkan Rasulullah SAW membawa pedang dan menenteng bom. Januari 2006 kartun-kartun itu dimuat di media massa Norwegia dan di berbagai koran harian Prancis seperti France Soir. Kartun juga terbit di media massa  Denmark,  Swedia, Belanda, dan Spanyol.

4. Majalah Prancis Charlie Hebdo menerbitkan gambar seorang Yahudi mendorong Nabi Muhammad SAW di atas kursi roda. Di halaman ceritanya, Charlie Hebdo menggambarkan Nabi Muhammad sedang telanjang. Bahkan ada dialog Nabi Muhammad yang mengatakan dirinya sendiri seorang Yahudi.

5. Politikus Belanda Geert Wilders, yang merupakan pemimpin Partij voor de Vrijheid (PVV) di parlemen Belanda, membuat dan menayangkan film Fitna pada 27 Maret 2008. Tayangan tersebut menggambarkan pandangannya yang anti-Islam dan anti-Alquran.

6.  Film “Innocence of Muslims” di YouTube juga telah menimbulkan aksi demonstrasi kemarahan umat Islam di berbagai penjuru dunia. Film ini menggambar Nabi Muhammad sebagai  sosok pedofil, pembunuh, dan homoseksual.

7. Salman Rushdie mengarang novel berjudul The Satanic Verses (Ayat-Ayat Setan). Dalam novel ini, dia menggambarkan Muhammad sebagaimana mitos yang berkembang di Barat.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Angga .
  • Tahun Ini Unikama Buka Program Pascasarjana Bahasa Inggris

    MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) terus mengepakkan sayapnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di dunia kerja.

  • Terus Belajar dan Kreatif, Kunci Desainer Muda Agar Tetap Eksis

    Pekembangan fashion semakin hari semakin tumbuh pesat. Hal tersebut bisa dilihat di Kota Malang. Banyak desainer baru yang tidak mau kalah saing terus menunjukkan karyanya. Baik itu desainer muda maupun tua, pria maupun wanita.

  • Lestarikan Budaya, Ratusan Seniman Menari Non Stop Selama Tujuh Jam di Alun-alun Merdeka Malang

    Untuk melestarikan seni budaya, ratusan penari menggelar aksi menari selama tujuh jam di Alun-alun Merdeka Kota Malang, Minggu (30/4/2017). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia yang jatuh setiap 29 April.

  • Mahasiswa Terlibat Curanmor, Kapolresta Segera Lakukan Safari Kampus

    Kapolresta Malang AKBP Hoiruddin Hasibuan akan segera melakukan kunjungan atau bersafari ke beberapa perguruan tinggi di Kota Malang. Safari tersebut dimaksudkan untuk melakukan diskusi dan pembicaraan penting terkait perilaku para mahasiswa yang beberapa

  • Teroris Visual, Epilog Satir tentang Pelacuran

    Melalui komik, Aji Prasetyo mengeluarkan opini pribadinya mengenai pelacuran yang merupakan profesi tertua di dunia ini.

  • Bersihkan Sampah Kok Hancurkan Tempat Sampahnya

    Pernyataan Aji Prasetyo, pria kelahiran Pasuruan yang merupakan komikus dan ilustrator ini, sering mengejutkan. Serupa dengan karya-karya komiknya, seperti kumpulan komik "Teroria Visual"yang diterbitkan Cendana Art Media Jakarta, 2015, yang mengundang pr

  • Mata-Mata Terbaik dalam Revolusi Kemerdekaan

    Siapa sangka para penjaja seks ternyata memiliki peran penting dalam denyut sejarah revolusi Indonesia. Bahkan, secara khusus, Bung Karno (Presiden Soekarno) menyatakan kekaguman dan rasa terima kasihnya atas jasa para kupu-kupu malam ini.

  • Dulu Disebut Wanita Publik dan Dijuluki Penjahat yang Dibutuhkan

    Sejarah mencatat, profesi penjajah seks pernah mengalami berbagai sebutan. Dari pelacur, cabo, balon, sampai pada penghalusan sebutan, yaitu wanita tunasusila (WTS) dan PSK (pekerja seks komersial).

  • Dance Sport Sudah Masuk Cabor, namun Masih Kekurangan Atlet Muda

    Perkembangan dance sport di Indonesia, bahkan di dunia, saat ini semakin bagus. Dance sport sudah diakui sebagai cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI. Jadi, di berbagai tempat sudah banyak lomba dance yang digelar.

  • Sekitar Tujuh Ribu Penari Catat Rekor MuRI Malang Menari

    Satu lagi rekor MuRI (Museum Rekor Indonesia) lahir dari Malang. Rekor terakhir itu dibukukan sekitar tujuh ribu peserta Menari Menari di kawasan Bundaran Tugu Balai Kota Malang, Minggu (30/4/2017).

  • Ari Lasso Hipnotis Ribuan Penonton Malang Jazz Festival 2017

    Ribuan penonton terhipnotis penampilan penyanyi papan atas Ari Lasso dalam Malang Festival Jazz 2017.

  • 11 Hari, Polres Malang Bekuk 16 Napi Kabur

    Perburuan tak kenal lelah terus dilakukan Polres Malang dalam mencokok kembali 17 tahanan yang kabur sejak Rabu 19 April lalu. Perburuan tidak hanya dilakukan di dalam wilayah Kabupaten Malang, tetapi sampai ke luar kota dan lintas provinsi, seperti Jawa

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top