DPU PPB Temukan Drainase Sengaja Dibuat untuk Tempat Parkir

 Djarot Edy Sulistyono Kepala DPU PPB Kota Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Djarot Edy Sulistyono Kepala DPU PPB Kota Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Beberapa hari terakhir intensitas curah hujan di Kota Malang sangat tinggi hingga menyebabkan banjir di beberapa titik di Kota Malang, seperti daerah Dieng Galungung, Soekarno hatta, maupun daerah Blimbing.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB) Kota Malang Djarot Edy Sulistyono mengatakan, setelah melakukan pengecekan, pihaknya menemukan ada drainase yang memang sengaja dibuntu di jalan Sigura-gura yang menyebabkan air tidak bisa mengalir sehingga menyebabkan banjir.

"Seperti jumat lalu kita lakukan Jumat Bersih dengan Wali Kota Malang, ternyata setelah kita amati,  kita temukan drainase yang sengaja dibuntu sehingga kapasitas airnya kecil bahkan tidak bisa mengalir," tandasnya.

Ia melanjutkan, terkait dibuntunya drainase itu, karena banyak dimanfaatkan oleh oknum masyarakat untuk dijadikan tempat parkir dan lainnya.

"Nilai tanah di Kota Malang ini kan sangat tinggi, ya akhirnya ada yang buntu drainase dan lahannya dimanfaatkan untuk parkir, namun sudah kita bongkar seperti di Sigura-gura," bebernya.

Selain itu, dengan banyaknya titik yang rawan banjir, pihak DPU PPB juga akan mengoptimalkan drainase di sepanjang Sungai Metro dan Sungai Brantas agar bisa meminimalisir potensi banjir.

"Seperti dari Soekarno Hatta, dari patung pesawat samapi kita alirankan drainasenya ke Sungai Brantas, jadi nanti sekitar Jalan Coklat dan lainnya bisa aman dari banjir," tambahnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, bahwa, dalam penanganan banjir masyarakat juga harus berpartisipasi dan ikut andil dalam membantu pemerintah melakukan penanganan.

"Seperti contoh kecilnya tidak membuang sampah di sungai," tutupnya.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top