Kepala DPU PPB: Banyak Perumahan yang Langgar Aturan Pembangunan

 Djarot Edy Sulistyono Kepala DPU PPB Kota Malang(Anggara/MalangTIMES)
Djarot Edy Sulistyono Kepala DPU PPB Kota Malang(Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pasca ambruknya rumah di Perumahan Golden House yang berada di Jalan Sigura-gura beberapa waktu yang lalu, dinilai karena pembangunannya tidak sesuai dengan aturan.

Pelanggaran itu terjadi karena pembangunan rumah tersebut terlalu mepet dengan bantaran sungai yang ada di sampingnya, bahkan tidak ada jarak sama sekali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU-PPB) Djarot Edy Sulistyono mengatakan, banyak pelanggaran tentang pembangunan perumahan serta bangunan lain di Kota Malang menyalahi aturan yang ada atau tidak sesuai dengan regulasi. Pihaknya saat ini juga  tengah mengecek kembali terkait perizinan bangunan itu.

"Seperti misalnya yang berada di daerah bantaran sungai yang mepet sekali itu sudah jelas mereka tidak membuat izin," tandasnya.

Djarot melanjutkan, pihaknya sendiri sebenarnya sudah melakukan tugasnya dalam menjalankan pengawasan terkait bangunan maupun perizinan.

"Survey dan identifikasi sudah dilakukan, dan disampaikan kepada pihak terkait, tapi untuk melakukan eksekusi atau pembongkaran bukan wilayah tupoksi kami," bebernya.

Dari pantauan, masih ada bangunan lain seperti pertokoan yang berada di bantaran sungai anak Sungai Metro yang memakan lebar sungai yang itu juga terancam ambruk dan menyalahi aturan yang ada.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top