Inilah, Lima Surga Wisata di Kabupaten Malang

Keeksotisan surga wisata dengan bentangan panorama alam di Wisata Bendungan Selorejo, Ngantang. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Keeksotisan surga wisata dengan bentangan panorama alam di Wisata Bendungan Selorejo, Ngantang. (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Melihat wilayah strategis Kabupaten Malang yang dikelilingi pegunungan dengan menampakkan bentangan alam yang eksotis. Ternyata, menyimpan potensi wisata yang indah, bisa dikatakan Kabupaten Malang 'Surga Wisata' Jawa Timur.

Buktinya, kondisi alam yang udaranya sejuk menjadikan daya magnet bagi para wisatawan. Sebagai wilayah surga wisata, berikut MalangTIMES merangkum lima surga wisata di Kabupaten Malang diantaranya surga wisata alam, surga wisata budaya, surga agrowisata, surga wisata buatan, dan surga wisata minat khusus.

Pertama, surga wisata alam. Kabupaten Malang dikaruniai dengan tanah penghijauan yang subur, air melimpah, dan udara yang sejuk. Terlihat, relief alam Kabupaten Malang yang berupa dataran tinggi memunculkan beragam wisata alam. 

Diantaranya, wisata Coban Rondo (Pujon), Coban Jahe (Jabung), Coban Pelangi (Poncokusumo), Coban Telaga Warna (Ampelgading), Coban Sumber Pitu, (Pujon). Wisata Pantai Balekambang (Bantur), Pantai Ngliyep (Donomulyo), Pantai Bajulmati (Gedangan), Pantai Sendangbiru (Sumbermanjing Wetan), Pantai Bowele (Tirtoyudo).

Kedua, surga wisata budaya. Kabupaten Malang terkenal dengan budaya tradisi luhur yang mengagumkan. Terbukti, Kabupaten Malang mencatat sejarah kerajaan besar seperti Kerajaan Singhasari dan Kerajaan Kanjuruhan. Karena itu, Kabupaten Malang memiliki wisata budaya, wisata religi, sejarah, dan wisata edukasi budaya.

Tempat wisata edukasi diantaranya, Museum Singhasari (Singosari), Padepokan Mangun Dharma (Tumpang). Kemudian, wisata religi yaitu yaitu Gunung Kawi (Wonosari), Masjid Tiban (Turen). Wisata sejarah terletak di Candi Singosari (Singosari), Candi Jago, Kidal dan Badut(Tumpang), Petirtaan Ken Dedes (Singosari), Arca Ganesha (Sumberpucung).

Ketiga, surga agrowisata. Sebagai daerah yang dikelilingi pegunungan dan kawasan udara yang sejuk. Kabupaten Malang menyimpan potensi tempat agrowisata diantaranya di Kebun Teh Wonosari (Lawang), Agro Apel (Pujon), Agro Jeru (Dau), Agro Klengkeng (Poncokusumo).

Keempat, surga wisata buatan. Kabupaten Malang yang tersohor dengan wisata alamnya, menjadikan daya magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Tempat wisata buatan ini, dapat Anda kunjungi di Taman Wisata Air (Pakis), Bendungan Selorejo (Ngantang), Bendungan Sengguruh (Kepanjen), Bendungan Lahor (Sumberpucung).

Kelima, surga wisata minat khusus. Dimana tempat wisata ini, menyuguhkan wahana wisata dari kreatifitas masyarakat yang mendidik pembentukan karakter, tantangan maupun hobi. Anda bisa berkunjung ke Snorkling Banyu Meneng Kondang Merak (Bantur), Surfing Bowele (Tirtoyudo), Graha Wiyata Outbond (Lawang), dan Kampung Rafting (Pujon).

Nah, itulah 5 surga wisata di Kabupaten Malang versi MalangTIMES, yang bisa Anda kunjungi dalam mengisi liburan.

Pewarta : imam syafii
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top