Inilah Data Pengguna Medsos Indonesia

 Media Sosial yang dipergunakan pengguna internet Indonesia (Foto : Istimewa)
Media Sosial yang dipergunakan pengguna internet Indonesia (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Penggunaan Media Sosial (Medsos) di berbagai kota kini seakan sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) sampai lanjut usia sangat keranjingan dengan Medsos. 

Hal ini didasarkan pada dua alasan dari kebutuhan dasar manusia seperti yang disampaikan Dar Meshi dalam The Emerging Neuroscience of Social Media, Desember 2015 bahwa Medsos dipakai masyarakat untuk dua alasan yaitu terhubung dengan orang lain dan mengelola citra diri.

Tetapi tahukah Anda, seberapa banyakkah pengguna Medsos di Indonesia serta bagaimana pola akses internetnya. 

Inilah data pengguna Medsos warga Indonesia yang dilansir oleh Digital in 2016, We Are Social, sebagai berikut :

Dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 259 Juta dan didominasi kaum urban sebanyak 55 persennya, pengguna aktif Medsos sebanyak 79 Juta atau 30 persen penduduk.

Dari 79 juta pengguna aktif, Medsos diakses melalui ponsel sebanyak 66 juta atau 25 persen dari penduduk dengan peringkat pilihan yang pertama adalah BlackBerry Messengger (BBM) dengan 19% penggguna.

Urutan berikutnya pengguna Medsos adalah Facebook sebesar 19%, Whatsapp 15%, Facebook Messenger 13%, Google +  dan Line 12%, Twitter 11%, Instagram 10%, Wechat 8% dan Pinterest sebanyak 7%.

Sementara pemilik data selular di Indonesia sebanyak 85 persen dari jumlah penduduk dan pemilik ponsel pintar sebanyak 43 persen penduduk dari total jumlah nomor yaitu 326,3 juta (126 persen jumlah penduduk).

Dengan pengguna internet aktif sebanyak 88,1 juta pengguna di tahun ini telah menaikkan pengguna internet aktif sebesar 15% dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk mengakses internet warga Indonesia lebih memilih melalui ponsel yaitu sebanyak 70 persen.

Prosentase ini secara langsung menenggelamkan pengguna komputer dan tablet dalam mengakses internet.

Kenaikan pengguna internet melalui ponsel sebesar 41%, sedangkan terjadi penurunan pola akses internet di komputer sebanyak 41% dan tablet sebanyak 37%.

Editor :
Publisher : Sandi Alam
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top