Inilah Data Pengguna Medsos Indonesia

 Media Sosial yang dipergunakan pengguna internet Indonesia (Foto : Istimewa)
Media Sosial yang dipergunakan pengguna internet Indonesia (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Penggunaan Media Sosial (Medsos) di berbagai kota kini seakan sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) sampai lanjut usia sangat keranjingan dengan Medsos. 

Hal ini didasarkan pada dua alasan dari kebutuhan dasar manusia seperti yang disampaikan Dar Meshi dalam The Emerging Neuroscience of Social Media, Desember 2015 bahwa Medsos dipakai masyarakat untuk dua alasan yaitu terhubung dengan orang lain dan mengelola citra diri.

Tetapi tahukah Anda, seberapa banyakkah pengguna Medsos di Indonesia serta bagaimana pola akses internetnya. 

Inilah data pengguna Medsos warga Indonesia yang dilansir oleh Digital in 2016, We Are Social, sebagai berikut :

Dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 259 Juta dan didominasi kaum urban sebanyak 55 persennya, pengguna aktif Medsos sebanyak 79 Juta atau 30 persen penduduk.

Dari 79 juta pengguna aktif, Medsos diakses melalui ponsel sebanyak 66 juta atau 25 persen dari penduduk dengan peringkat pilihan yang pertama adalah BlackBerry Messengger (BBM) dengan 19% penggguna.

Urutan berikutnya pengguna Medsos adalah Facebook sebesar 19%, Whatsapp 15%, Facebook Messenger 13%, Google +  dan Line 12%, Twitter 11%, Instagram 10%, Wechat 8% dan Pinterest sebanyak 7%.

Sementara pemilik data selular di Indonesia sebanyak 85 persen dari jumlah penduduk dan pemilik ponsel pintar sebanyak 43 persen penduduk dari total jumlah nomor yaitu 326,3 juta (126 persen jumlah penduduk).

Dengan pengguna internet aktif sebanyak 88,1 juta pengguna di tahun ini telah menaikkan pengguna internet aktif sebesar 15% dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk mengakses internet warga Indonesia lebih memilih melalui ponsel yaitu sebanyak 70 persen.

Prosentase ini secara langsung menenggelamkan pengguna komputer dan tablet dalam mengakses internet.

Kenaikan pengguna internet melalui ponsel sebesar 41%, sedangkan terjadi penurunan pola akses internet di komputer sebanyak 41% dan tablet sebanyak 37%.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
  • Main Bola di Bibir Pantai Gatra

    Rombongan kami tiba di lokasi Clungup Mangrove Conservation (CMC) pada pukul 13.30 WIB.

  • Trending, Puluhan Ribu Cuitan #UmatMenjagaUlama

    Media sosial berlogo burung biru Twitter sedang banjir tagar #UmatMenjagaUlama.

  • Kabupaten Malang Digelontor Bansos Rp 328 Miliar oleh Kementerian Sosial

    Tahun 2017, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp 328 Miliar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Malang.

  • Reza Pukau Bupati Malang

    Reza Nur Aini (17), siswi kelas 11 MA Darul Huda, Tlepu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), memukau Bupati Malang Rendra Kresnabdalam acara Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Hibah Dalam Negeri.

  • 2017, Bantuan PKH Berkurang di Kabupaten Malang

    Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI tahun 2017 di Kabupaten Malang menurun, baik secara kuota penerima maupun besaran jumlah bantuan.

  • AYOjek, Aplikasi Arek Malang yang Nggak Hanya Pesan Ojek

    Dunia kini mulai beralih ke serba digital. Hampir seluruh kota di Indonesia diduduki GOjek. Tukang ojek hijau yang dipesan lewat aplikasi itu seolah memperkuat bahwa kita sedang di era apa saja tinggal tekan tombol pada smartphone.

  • Mensos Minta Yayan Belajar yang Baik supaya Jadi Ustad

    Menteri Sosial (Mensos) RI Khififah Indar Parawansa mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiro di Jalan Joyo Agung No 2 Tlogomas, Kecamatang Lowokwaru, Kota Malang, Minggu (22/1/2017) malam. Kedatangannya dalam rangka menjenguk Yayan (15), saudara kemba

  • Sejenak di Pantai Ungapan

    Matahari kian meninggi saat kami melanjutkan perjalanan. Deru suara laut dan keindahan yang terbentang sepanjang perjalanan lagi-lagi menggoda kami untuk sejenak menepi. Pilihan kami jatuh pada Pantai Ungapan.

  • DPRD Kabupaten Malang Minta Antisipasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

    Komisi B DPRD Kabupaten Malang meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk proaktif menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian dan imigrasi dalam upaya mengantisipasi maraknya isue Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk Indonesia s

  • Serunya Piknik Berlatar Pegunungan Jalur Lingkar Selatan

    Perjalanan terus berlanjut. Cuaca bersahabat hingga kami pun memutuskan berhenti sebentar. Pegunungan Kabupaten Malang yang terbentang di Jalur Lingkar Selatan (JLS) menggoda kami.

  • Dilepas Gus Lukman, Rombongan Berangkat Arungi Pantai Malang

    Keindahan pantai di wilayah Kabupaten Malang tak lagi dapat diungkapkan dengan kata-kata. Penikmat pantai tentu hafal betul pantai-pantai indah itu berderet di sepanjang bibir Pantai Selatan Malang.

  • Banyak Perda Retribusi Parkir Berlangganan Dianulir Pusat, DPRD Kabupaten Malang Jalan Terus

    Sekitar 3.143 Peraturan Daerah (Perda) termasuk tentang retribusi parkir berlangganan yang dianulir pusat sejak tahun- tahun lalu, ternyata tidak mengendorkan niat DPRD Kabupaten Malang terus mewujudkan hal tersebut.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top