Januari 2017 Smartphone 4G akan Dibatasi. Mengapa?

Deddy Hermawan, Staf Khusus Kementrian Kominfo (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Deddy Hermawan, Staf Khusus Kementrian Kominfo (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Per 1 Januari 2017, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan baru yakni membatasi gadget-gadget/smarphone dengan jaringan 4G yang tidak mengandung kandungan lokal sebesar 40 persen.

Kandungan lokal yang dimaksud adalah keterlibatan anak negeri menjadi bagian terpenting dalam proses produksi dan pengembangan smartphone. Misalnya, Apple harus melibatkan anak Indonesia membuat aplikasi  ke konten mereka.

Deddy Hermawan Staf, Khusus Kementrian Kominfo mengatakan pemerintah sudah meminta Apple dan produsen smartphone lainnya agar mereka membangun Research and Development (RnD).

"Syaratnya itu agar mereka tetap bisa berjualan di Indonesia mereka harus bangun Research and Development "terangnya.

Deddy melanjutkan, Program RnD itu nantinya akan melibatkan kampus-kampus dengan harapan para insan kampus ini bisa menangkap peluang yang besar ini.

Ditambahkan, dengan cara memberikan syarat produsen gadget untuk berjualan ini diharapkan industri konten dalam negeri akan tumbuh pesat. 

"Jadi kalo dia (Apple) bisa menampung aplikasi yang dibuat orang Indonesia, maka akan kita beri point bobot 40 persen sebagai kandungan lokal itu,"terangnya. 

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top