Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Pemkot Malang Komitmen Pertahankan Lahan Pertanian Seluas 758,8 hektare

Penulis : imam syafii - Editor : Redaksi

16 - Nov - 2016, 11:11

Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Hadi Santoso. (Foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Hadi Santoso. (Foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Hadi Santoso mengatakan sekitar 758,8 hektare tanah petani harus dipertahankan.

''Kita mempertahankan lahan yang ada dan difungsikan untuk kegiatan bertani agar ketahanan pangan Kota Malang tetap bisa dipertahankan,'' katanya.

Pria yang akrab disapa Soni ini menerangkan bahwa jumlah lahan baku sawah di Kota Malang tercatat lahan sawah aktif ditanami padi sekitar 846 hektare.

''Lahan sawah aktif terdiri dari 60,8 hektare aset Pemkot Malang dan sekitar 758,8 hektare tanah milik petani,'' kata Soni.

Pemkot Malang akan terus berupaya mempertahankan lahan pertanian yang ada, apalagi sampai saat ini para petani masih sangat bersemangat untuk terus bertani.

''Pemkot Malang sangat support semangat mereka untuk bertani. Karena itu mereka diberikan bantuan peralatan pertanian agar bisa mengolah produk pangan yang berkualitas,'' bebernya.

Selama ini, lanjut Soni, dukungan Pemkot Malang dan dinas terkait sudah sangat maksimal dengan melakukan berbagai pendampingan program kepada petani mulai menanam hingga memasuki masa panen.

''Kami sudah menangani proses hulu hingga hilir produksi pangan mulai pengolahan sampai pemasaran,'' terangnya.

Dia mengimbau petani tidak menjual gabah tapi yang dijual adalah beras. Karena, penjualan beras hasilnya lebih tinggi. Selain itu, penjualan beras akan mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan petani.

''Kota Malang penghasil padi varietas premium terbaik, karena beras deviasi harganya sangat tinggi,'' tegasnya.

Disamping itu, ada 5 unsur yang ada di dalam proses penjualan itu diantaranya pemanenan, pengeringan, penggilingan, packaging, dan penjualan.


Topik

Ekonomi Petani Lahan-Petani Pemkot-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

imam syafii

Editor

Redaksi