Angkat Suku Tengger, Uwiga Malang Cetak Prestasi

Irma Yuanita (kiri) bersama Wakil Rektor III Uwiga Malang Agus Tugas Sudjianto (Uwiga Malang for MalangTIMES)
Irma Yuanita (kiri) bersama Wakil Rektor III Uwiga Malang Agus Tugas Sudjianto (Uwiga Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Widyagama Malang (Uwiga) kembali mencetak prestasi. Baru-baru ini, mahasiswi Universitas Widyagama (Uwiga) Malang Irma Yuanita berhasil menjadi finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah bidang Penulisan Artikel Populer. 

Irma menyisihkan 40 peserta dari  PTN/PTS se Malang Raya. Mahasiswi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Uwiga itu mengangkat budaya Suku Tengger. 

Wanita Suku Tengger yang akan menikah diusia dini, minimal harus lulus SMA dulu, budaya entas-entas di Suku Tengger itu mewajibkan anak wanita mematuhi syarat tersebut sebagai hukum adat yang harus ditaati.

Artikel Irma dengan judul Pengentasan Pernikahan Dini dengan Budaya Entas-Entas, adalah aturan pernikahan yang diluar umumnya di masyarakat Indonesia.

"Masyarakat suku Tengger sudah menerapkan aturan adat dengan mewajibkan anak-anaknya wajib belajar 12 tahun minimal, mereka sadar akan kerarifan lokal sendiri, karena umumnya masyarakat Tengger kurang peduli dengan pendidikan, mereka tumbuh kembang dewasa kemudian menikah dan bekerja di ladang dan sawah untuk bertani," jelas Irma pada MalangTIMES. 

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Widyagama Malang Agus Tugas Sudjianto mengapresiasi prestasi Irma Yuanita.

"Kepadanya akan diberikan reward  penghargaan oleh kemahasiswaan sebagai bentuk kepedulian lembaga ini dalam mengapresiasi para mahasiswa UWG yang berprestasi," tutur Agus. (*)

Editor :
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top