Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ajak Pemuda Desa Berliterasi, Desa Gondowangi Gelar Festival Literasi

Penulis : Ahmad Fauzan - Editor : Lazuardi Firdaus

13 - Nov - 2016, 06:11

Penampilan salah seorang siswa saat kegiatan Festival Literasi Desa di Desa Gondowangi Kabupaten Malang (Foto: Ahmad Fauzan/ MalangTIMES)
Penampilan salah seorang siswa saat kegiatan Festival Literasi Desa di Desa Gondowangi Kabupaten Malang (Foto: Ahmad Fauzan/ MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Mewujudkan budaya berliterasi di masyarakat, khususnya remaja dan kaum muda desa, Desa Gondowangi Kecamatan Wagir menggagas sebuah Festival Literasi Desa yang berlangsung hari ini Sabtu (12/11/16).

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Jika selama ini literasi hanya berkutat di lingkungan akademis, diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat desa juga mampu mengembangkan budaya berliterasi.

"Festival Literasi Gondowangi ini adalah wujud kepedulian terhadap pengembangan literasi desa, sehingga nantinya kegiatan literasi menjadi kebiasaan dalam kehidupan di masyarakat," tutur Danis Setyo Budi Nugroho Kepala Desa Gondowangi.

Menurut Ozan ketua pelaksana, kegiatan Festival Literasi Gondowangi dilaksanakan untuk mendukung pembuatan rumah budaya terpadu yang akan dibuat di desa untuk mengakomodir kegiatan menulis, membaca, musik dan budaya.

Dalam pelaksanaan kegiatan festival yang pertama mengadakan kompetisi membaca puisi, pidato, mengarang untuk tingkat SMP dan SMA se-Malang Raya.

literasi-fIrLK.jpg
Pemuda Desa Gondowangi Kabupaten Malang serius mengikuti Festival Literasi Desa (Foto: Ahmad Fauzan/ MalangTIMES)

Selain kompetisi ada juga kegiatan talk show dari Novelis kelahiran Malang Zaenal Fanani yang memberikan tips-tips dan cara menulis.

Baca Juga : Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

"Menulis itu mudah asalkan konsisten dan yang terpenting adalah niat menulis tanpa harus memperhatikan bahasa, sehingga bisa memperhatikan hasil," terang Zhainal Fanani. (*)


Topik

Peristiwa Budaya Festival Literasi-Desa Gondowangi Malang-Raya


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Fauzan

Editor

Lazuardi Firdaus