Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Mengawal Malang Jadi Kota Mode

Andy Sugik, Desainer yang Karyanya Digemari Warga Hongkong

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

05 - Nov - 2016, 18:22

Andy Sugik, desainer Malang yang karyanya populer hingga ke Hongkong (Andy Sugik for MalangTIMES)
Andy Sugik, desainer Malang yang karyanya populer hingga ke Hongkong (Andy Sugik for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Malang sedikit demi sedikit mulai menjelma menjadi Kota Mode di Indonesia. Banyak karya luar biasa yang lahir dari desainer-desainer Malang. Tak hanya itu, even fashion di Malang juga mulai marak dan keberadaannya sudah diakui secara nasional maupun internasional.

Sudah cukup banyak nama perancang busana internasional lahir di Bumi Arema Malang. Dari sekian desainer berlevel dunia yang ada dan besar di Malang, salah satunya adalah sosok Andy Sugik. Karya Andy ini sudah melalangbuana ke berbagai negara. Salah satunya adalah Hongkong.

Baca Juga : Lebih Simple dan Anti Ribet dengan Pakai Hijab Dua Sisi Ini

Busana buatannya juga sudah kerap dipakai selebritas dalam negeri maupun luar negeri. Karyanya banyak digemari selebritas karena siapapun yang memakai busana rancangannya akan terlihat semakin seksi.

Khusus kepada MalangTIMES, Andy Sugik menceritakan kisahnya sehingga menjadi salah satu desainer kondang di Indonesia. Awalnya, dia tak menyangka akan berkecimpung di dunia mode. Sebab, semuanya berawal dari keisengannya belaka.

"Kisah saya di dunia mode dimulai ketika ada saudara saudara yang menikah. Saat itu saya iseng-iseng merancang baju pernikahannya. Ternyata hasilnya lumayan dan disenangi saudara saya yang mau menikah itu," ucap Andy yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara tersebut.

Padahal, jelasnya, ketika merancang busana nikah saudaranya dia tak punya latar belakang keilmuan apapun tentang mode. Dari merancang busana saudaranya yang menikah itulah, dirinya mendapatkan banyak dukungan untuk terjun ke dunia fashion.

Mendapatkan dukungan dari banyak pihak, secara perlahan dia mulai mempelajari dan berusaha menjadi desainer. Sejak itulah, akhirnya dia mempunyai niat untuk memperdalam ilmu fashion hingga ke Jakarta.  

"Saya masih ingat waktu awal-awal belajar tampil dalam sebuah peragaan fashion, karya saya jelek banget, masih acak-acakan. Tapi dari situlah saya banyak belajar dan akhirnya ikut desainer Musa Widyatmodjo," lanjutnya.

Dari tangan dingin mentornya itulah, dia mulai paham mode yang sebenarnya. Hingga akhirnya karya Andy diakui sebagai salah satu yang terbaik di Tanah Air. Hingga akhirnya karya dia juga disukai oleh warga Hongkong.

Sebagai salah satu desainer kondang yang namanya dibesarkan di Malang, Andy tak mau lupa diri. Ambisinya, dia ingin mencetak lebih banyak lagi desainer dari Malang. Sebab, anak-anak muda Malang sebenarnya mempunyai bakat yang tinggi di bidang fashion. Untuk mewujudkan cita-citanya tersebut, dia bersama rekan-rekannya yang ada di Indonesian Fashion Chamber (IFC) Malang Chapter tak segan-segan berbagi ilmu kepada perancang busana junior. 

Baca Juga : Tetap Stylish di Tengah Wabah Virus Corona dengan Masker Bola Disko, Mau Coba?

Dia dan IFC mempunyai satu tekad kuat, akan menjadikan Malang sebagai salah satu barometer fashion di Indonesia. Dan jangka panjangnya adalah menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia.

"Yang aku lihat banyak anak muda yang buru-buru mengklaim diri sebagai desainer, terutama ketika mereka memposting foto di media sosial. Padahal menjadi desainer itu tidak mudah dan butuh kerja keras," ucapnya.

Dalam membuat sebuah karya, dia bisa menjadikan apa yang ada di sekitarnya menjadi sebuah ide. Namun, dia paling sering mendapatkan ide membuat sebuah desain dari film. "Nggak memungkiri desainer juga bergantung mood, tapi saya selalu menjaga mood dengan nonton film. Dari nonton itulah, biasanya saya bisa menggali sebuah ide," ujarnya.

Ciri khas karya pria asal Surabaya itu ialah detail pada busana. Selain itu, Andy Sugik terkenal dengan busana rancangannya yang menampilkan sosok perempuan Indonesia yang seksi dan elegan. Dominasi warna natural menghiasi sejumlah karya busana Andy Sugik.

Yang teranyar, Andy akan kembali tampil di Hongkong. Di sana dia akan menampilkan sajian mode dengan balutan utama kebaya. (*)


Topik

Gaya malang-fashion ifc


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus