Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lapsus Liputan Khusus Hotel di Malang

Hotel di Malang : Palace Hotel Malang Bagian Sejarah Sejak Zaman Kolonial Belanda

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

05 - Nov - 2016, 10:32

Hotel Palace Malang yang masih bertahan sampai kini (Foto: istimewa)
Hotel Palace Malang yang masih bertahan sampai kini (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Mungkin, tidak begitu banyak yang mengetahui bahwa Palace Hotel Malang merupakan salah satu bagian sejarah perhotelan di Indonesia. 
Dari berbagai buku Pariwisata Indonesia Dari Masa Ke Masa, Hotel Palace Malang tercatat sebagai hotel yang sudah hadir pada saat zaman kolonial Belanda.


Konon kehadiran dan dibangunnya hotel-hotel seiring dengan perkembangan kedatangan wisatawan asing ke Indonesia yang sudah dikenal sebagai destinasi wisata sejak sebelum Perang Dunia ke- 1. Hal ini membuat Belanda semakin gencar meningkatkan keberadaan hotel-hotel di Indonesia. 

Baca Juga : Masa Awal Kristen Datang di Malang, Terkungkung Benteng hingga Merambah ke Kebun


Beberapa daerah yang memiliki hotel waktu itu, selain Palace Hotel Malang adalah Jakarta dengan dibangunnya Hotel Des Indes, Hotel Der Nederlanden, Hotel Royal dan Hotel Rijswijk.
Surabaya, berdiri Hotel Sarkies dan Hotel Oranje. Untuk di Jawa Tengah ada di Semarang dengan Hotel Du Pavillion, Solo, Slier Hotel dan Yogyakarta dengan Grand Hotel (sekarang Hotel Garuda, red )
Di Jawa Barat yaitu Bandung ada Hotel Savoy Homann, Hotel Preanger dan Pension Van Hangel (kini Hotel Panghegar, red) serta di Bogor dengan Hotel Salak.


Selanjutnya di Medan ada Hotel de Boer dan Hotel Astoria serta di Makasar ada Grand Hotel dan Staat Hotel.
Hebatnya, kebanyakan hotel-hotel tersebut masih beroperasi hingga sekarang. Ada yang menjadi Herritage Hotel, maupun yang sudah direnovasi menjadi lebih baik dan ada juga yang telah di redevelopment total sehingga tidak lagi menyerupai bentuk aslinya, seperti Hotel Des Indes. 
Malang dengan Palace Hotelnya masih tetap megah berdiri dengan tetap mempertahankan berbagai bentuk dan corak  yang dibangun pada jaman kolonial Belanda. Bahkan, Pemkot Malang dalam melestarikan aset sejarah perhotelan di Indonesia juga mempertahankan Hotel Pelangi.


Hotel Pelangi  tergolong salah satu hotel tertua di Kota Malang selain Palace Hotel. Hingga sekarang, hotel yang berlokasi di bilangan Jalan Merdeka ini, tetap menjadi hotel yang layak huni bagi pelancong dan malah memberikan sebuah keindahan tentang kenangan masa lampau lewat foto-foto “jadul” yang dipajang di dinding hotel.


Topik

Lapsus Palace-hotel-malang Sejak-Zaman-Kolonial-Belanda Hotel-Malang Hotel-Di-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus