33 Kecamatan Ajukan Jagoannya dalam Apresiasi Berseri

Dua dari kanan, Eddy Suryoto, Kabid PKK BLH Kabupaten Malang beserta Kepala Pasar Sumedang, Kepanjen dan rombongan tim penilai Apresiasi Kecamatan Berseri, di Pasar Desa Sengguruh (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Dua dari kanan, Eddy Suryoto, Kabid PKK BLH Kabupaten Malang beserta Kepala Pasar Sumedang, Kepanjen dan rombongan tim penilai Apresiasi Kecamatan Berseri, di Pasar Desa Sengguruh (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - 33 kecamatan se-kabupaten Malang mengajukan tempat-tempat publik andalannya dalam acara Apresiasi Kecamatan Berseri (Bersih, Sehat dan Lestari), baik pasar desa, pemukiman, jalan, kantor desa, sekolah, puskesmas, saluran air terbuka maupun bank sampah.

"Apresiasi Kecamatan Berseri adalah program Kabupaten Malang sebagai wujud implementasi dari misi ke tujuh bupati, yaitu mengenai kemandirian masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup," kata Eddy Suryoto, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (PKK) Badan Lingkungan Hidup (BLH), Rabu (19/10/2016) saat meninjau salah satu andalan dari Kecamatan Kepanjen, yaitu Pasar Desa Sengguruh.

Didampingi dari unsur PKK Kabupaten, Pusat Studi Lingkungan Universitas Brawijaya (UB) serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Spectra sebagai tim penilai, Eddy menyampaikan dalam lomba ini kecamatan tidak boleh mengajukan tempat publik pantauan Adipura Nasional.

"Jadi skalanya ya skala kabupaten, bukan nasional seperti Kepanjen tidak boleh mengajukan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Wisata Edukasi Talangagung, harus yang lain," terang Eddy.

Pasar Desa Sengguruh yang diajukan oleh Kecamatan Kepanjen dipilih karena merupakan salah satu pasar desa yang masih aktif di Kabupaten Malang.

"Iya mas, pasar desa lainnya yang ada di berbagai kecamatan kebanyakan mati dan tidak berfungsi. Di sini terus berjalan sampai sekarang," kata Hery Purnomo, Kepala Desa Sengguruh yang menyampaikan pedagang di Pasar Desa Sengguruh saat ini ada sekitar 85 orang.

Walaupun terkesan sederhana, laiknya pasar desa yang ada, Pasar Desa Sengguruh terkesan rapi tertata losnya, bersih, serta fasilitas air, listrik serta tempat-tempat sampah tersedia.

Proses penilaian apresiasi kecamatan berseri bersifat tertutup dan rahasia, bahkan BLH Kabupaten sendiri pun tidak mengetahui apa yang dinilai oleh tim penilai.

"Kami sebagai fasilitator saja, yang menentukan menang tidaknya andalan kecamatan yang diajukan ya tim penilai itu," kata Eddy saat ditanya kriteria penilaian lomba yang akan diselesaikan di akhir bulan ini di 33 kecamatan.

"Yang pasti ada juaranya, yaitu juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3 yang nanti akan diumumkan saat Hari Jadi Kabupaten Malang," kata Eddy yang menerangkan ada hadiah dari bupati bagi para pemenang nantinya.  

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top