Gerakan Menabung Air Antar Kota Malang Masuk Nominator Internasional

Walikota saat mengunjungi Kampung 3G (Foto: istimewa)
Walikota saat mengunjungi Kampung 3G (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Setelah sebelumnya Kota Malang diharumkan namanya dengan berbagai prestasi seperti Adipura dan capaian medali emas yang melebihi target di PON XIX, Kota Malang kembali mengukir prestasi. Kali ini kembali dibuat bangga melalui prestasi gemilang yang diraih Kota Malang di skala level internasional. 

Prestasi tersebut diraih Kota Malang melalui Inovasi Gerakan Menabung Air di Kampung Glintung Go Green (3G), berhasil menembus babak final dalam nominasi 15 besar pada ajang 'Guangzhou International Award for Urban Innovation bersama dengan kota-kota maju seperti Brussels (Belgia), Copenhagen (Denmark), dan Boston (Amerika Serikat) yang juga lolos ke babak final

Kebenaran akan Inovasi dari Kampung Glintung tersebut didapat setelah Bappeda Kota Malang 
mendapatkan email imbauan terkait keberhasilan Kota Malang yang dikirimkan oleh panitia acara.

Berkat keberhasilan Kota Malang menembus babak final, Kota Malang pun diundang untuk mempresentasikan inovasinya dalam Festival Guangzhou yang akan digelar pada tanggal 5-8 Desember 2016.

Kepala Bappeda Kota Malang Wasto, mengatakan, dari email yang diterima, penilaian dari gerakan menabung air tersebut telah dinilai pada tanggal 11 sampai 14 Oktober di Bogota Colombia yang menggunakan sistem paralel dalam rangkaian kongres dunia persatuan pemerintah lokal atau The Virgin 5th UCLG World Congress.

"Prestasi yang diraih dalam lomba ini bisa dikatakan semacam 'otonomi award' tingkat dunia dengan ratusan kota peserta, ini tentu sangat membanggakan," ujar wasto Wasto.

Wasto juga mengungkapkan, bahwa Kota Malang juga telah menyisihkan 30 kota yang masuk nominasi yang tergolong kota besar seperti Berlin Barcelona Busan Moskow Milan Buenos Aires.

Dan prestasi ini tentunya bukan lahir dengan sendirinya namun atas kerja keras dari masyarakat RW 23 Kelurahan Purwantoro yang penuh dedikasi dalam mengembangkannya, sehingga bisa menjadi motivasi bagi kampung-kampung lain dalam memajukan daerahnya.

"Apresiasi atas kerja keras sejak fase perencanaan hingga implementasi tentu saja pada akhirnya akan hadir jika komitmen terus dijaga melalui aksi nyata," ungkapnya.

Oleh karenanya Pemkot Malang berharap semua masyarakat Kota Malang dan Indonesia mohon doa restu agar bisa meraih hasil yang terbaik pada ajang ini Desember nanti.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top