Bripka Seladi Berbagi Ilmu Pengelolaan Sampah di SMKN 6

Siswa SMKN 6 menunjukkan proses pemilahan sampah (Foto: Ahmad Fauzan/ MalangTIMES)
Siswa SMKN 6 menunjukkan proses pemilahan sampah (Foto: Ahmad Fauzan/ MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Pentingnya pengolahan sampah bagi siswa sekolah untuk mengedukasi pola pikir siswa, membuat SMKN 6 Kota Malang giat melakukan sosialisasi.

Seperti melalui penyuluhan yang digelar Rabu (19/10/2016). Penyuluhan ini menghadirkan langsung Brigadir Kepala Seladi atau biasa dipanggil Bripka Sel yang beberapa waktu lalu sempat menjadi viral di media massa. Bripka Sel tanpa ragu membagikan ilmunya dalam mengelola sampah. Antusiasme dari siswa pun sangat terasa ketika Bripka Seladi mejelaskan jenis-jenis sampah dan pentingnya untuk pemilahan. 

"Pemilahan ini sangat penting karena akan berpengaruh pada nilai ekonomis yang dihasilkan," ucap Bripka Seladi. 

Sementara itu, pembina Tim Lingkungan SMKN 6, Soleman, S.Pd. mengatakan penyuluhan ini ditujukan untuk mewujudkan kegiatan edukasi siswa sebagai wujud nyata kepedulian sekolah sekaligus pemberdayaan dalam pengolahan barang bekas bernilai ekonomis sekaligus penyuluhan jenis sampah untuk membekali Tim Lingkungan SMK Negeri 6 Malang. 

Alasan pemilihan Bripka Suladi sebagai narasumber yaitu karena selain sebagai anggota Kasat Lantas Polres Kota Malang juga sebagai aktivis lingkungan yang konsen dalam pengolahan sampah.
"Sehingga siswa kami dapat termotivasi menjadi penggerak dalam menjaga dan mengelola sampah di lingkungannya," ungkap Soleman.

SMK Negeri 6 Malang memiliki siswa dengan berbagai latar belakang sosial dan ekonomi. Tidak jarang ada siswa yang kesusahan dalam proses kegiatan di sekolah terutama dalam hal keuangan. Berdasarkan kondisi tersebut kemudian pihak sekolah berinisiatif untuk memberikan peluang usahan sekaligus edukasi berbasis lingkungan. Pada awalnya hanya bekerjasama dengan Bank Sampah Kota Malang untuk memberikan tambahan uang jajan pada siswa dengan membawa sampah kering dari rumah ke sekolah, untuk kemudian dikirim ke Bank Sampah Malang. 

Anggota Tim Lingkungan SMKN 6 berfoto bersama Bripka Seladi usai penyuluhan tentang sampah (Foto: Ahmad Fauzan/ MalangTIMES)

Berawal dari keberhasilan proses percobaan tersebut kemudian pihak sekolah berinisiatif membentuk tim yang menangani kegiatan tersebut dengan diketuai oleh Soleman, S.Pd yang sekaligus merangkap sebagai Pembina.

“Siswa perlu mendapat edukasi pengolahan sampah yang baik sehingga bukan sekadar mengolah sampah namun juga memiliki nilai tambah,sehingga diputuskan untuk memperkenalkan sekaligus meresmikan Bank Sampah sekolah pada tanggal 30 September 2016 yang menghadirkan peristis awal Bank Sampah yatitu dr. Gamal Albisaid," terang Soleman.

Dalam perjalananya kegiatan tersebut dijadikan sebagai kegiatan ekstra bagi siswa di SMK Negeri 6 Malang dengan sistem tabungan, sehingga sewaktu dibutuhkan atau ada kegiatan mendesak bagi siswa bisa diambilkan dana dari tabungan sampah yang telah disetorkan oleh siswa. 

Rifqi salah seorang siswa kelas X Kelistrikan yang juga anggota Bank Sampah sekolah menjelaskan bahwa “kegiatan pengumpulan sampah sendiri dilakukan secara bergiliran selama satu minggu menurut jurusan, tapi tidak menutup kemungkinan apabila ada yang menyetorkan sampah setiap hari atau di luar jadwal yang telah ditentukan. Saya sangat senang karena selain mendapat pengetahuan juga dapat membantu meringankan beban orang tua," ucapnya.

Kelanjutan dari kegiatan tersebut yaitu setiap ada tamu di SMK Negeri 6 Malang, selalu diperkenalkan pada kegiatan Bank Sampah tersebut. Selain itu juga diminta untuk memberikan tanggapan langsung di depan para siswa. Diharapkan kegiatan tersebut menjadi sebuah proyek percontohan bagi sekolah-sekolah sekitar.

Pewarta : Ahmad Fauzan
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Abdul Hanan
  • Aktivis Cantik ini Ternyata Seorang Barista

    Kopi sudah bukan lagi konsumsi kaum adam saja. Saat ini tidak sedikit kaum hawa yang jatuh cinta dengan minuman berwarna hitam pekat ini.

  • Aji Santoso Cari Pemain yang Mau Total untuk Nama Arema

    Pelatih kepala Arema FC, Aji Santoso ingin para pemainnya dapat fight di pertandingan melawan Mitra Kukar. Pasalnya ia tak mau terulang permainan buruk dan berujung kekalahan yang sudah menimpa timnya.

  • Aji Santoso Bertekad Akhiri Tren Negatif

    Kembali bermain di Stadion Gajayana, Kota Malang dalam lanjutan Liga 1 pekan ke 8, Aji Santoso bertekad akhiri periode kurang bagus di laga terakhir.

  • Miliki Destinasi Wisata Unik, Kota Malang Kian Cantik

    Kota Malang kian hari kian cantik saja. Hampir di setiap sudut kota kini masyarakat bisa menikmati indahnya taman kota. Tak hanya itu, kampung- kampung yang dulunya kumuh juga disulap menjadi kampung unik yang bisa menjadi destinasi wisata menarik.

  • SMK PGRI 3 Malang, SMK Swasta Terpilih Dalam Pilot Project PLN

    Dengan tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya serta para lulusan yang banyak terbukti dalam dunia kerja, SMK PGRI 3 Malang terpilih menjadi salah satu sekolah yang terpilih sebagai pilot project peningkatan kompetensi peserta didik SMK Bidang Ketenaga

  • Mobil Terguling di Jalan Letjen Sutoyo Ternyata Milik Kapolsek Blimbing

    Mobil yang terguling dengan nomor polisi N 1000 GB di Jalan Letjen Sutoyo pukul 14.30 wib tepatnya di depan Hotel Savana dan juga Anang Karaoke diketahui merupakan milik Kapolsek Blimbing AKP Slamet Riyadi.

  • Tak Hanya Bidang Akademik, Siswa SMK PGRI 3 Malang Moncer Beladiri

    Tak hanya jago dan terpercaya dalam prestasi akademik, SMK PGRI 3 Malang banyak menorehkan prestasi non akademik. Salah satunya prestasi dalam bidang olah fisik atau beladiri yang dibuktikan dengan diborongnya sabuk juara berbagai jenis beladiri.

  • Model Rambut Pompadour Buat Kamu Terlihat Lebih Segar

    Kaum pria tentu tidak ingin ketinggalan style dengan kaum perempuan saat Ramadhan bukan? Sahabat, pasti juga akan memperhatikan penampilan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut untuk selalu tampil segar sepanjang hari.

  • Pasar Takjil Soehat Belum Kantongi Izin

    Pemerintah Kota Malang menyoroti izin pedagang pasar takjil Ramadan di Jalan Soekarno-Hatta. Wali Kota Moch. Anton merasa belum memberikan izin pasar takjil Soekarno-Hatta tersebut.

  • Tabrak Pembatas Jalan, Avanza Terguling di Letjen Sutoyo

    Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang, tepatnya depan Hotel Savana dan Anang Karaoke sekitar pukul 14.40 Sabtu (27/5/2017).

  • Puisi Pendek (4)

    *dd nana

  • Yuk Tampil Syar'i dengan Dress Berbahan Adem

    Bulan Ramadan sering dijadikan momentum untuk memperbaiki diri bagi muslim di dunia. Tidak hanya perilaku sehari-hari dengan memperbanyak ibadah, tapi juga gaya berpakaian.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top