Kades Sengguruh Tepis Citra Negatif RTH sebagai Ruang Mesum

Hery Purnomo, Kepala Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen saat memberi konfirmasi tentang RTH yang tersiar sebagai ruang mesum (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Hery Purnomo, Kepala Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen saat memberi konfirmasi tentang RTH yang tersiar sebagai ruang mesum (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen yang terletak di RT 21 RW 3 pernah identik menjadi ruang berpacaran dan berbuat mesum anak muda saat malam tiba.

Dibangun sejak tahun 2013, RTH yang dibangun dengan anggaran reward dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan (PNPM-Perkotaan) sekitar Rp 600 juta, menurut Hery Purnomo, Kepala Desa Sengguruh, diperuntukkan sebagai ruang hijau dan relaksasi warga.

"RTH tersebut memang nantinya akan diproyeksikan selain ruang terbuka juga sebagai ruang wisata warga,"katanya saat ditemui dalam lomba Adipura Tingkat Kabupaten di Pasar Desa, Rabu (19/10/2016).

Hery tidak menyangkal bahwa RTH Sengguruh dari laporan warganya kerap kalau malam hari selalu dikunjungi anak-anak muda yang berpacaran.

"Dari laporan begitu, di lapangan juga saat saya cek, lampu-lampu RTH banyak yang mati padahal baru dipasang baru. Kemungkinan anak-anak muda itu yang merusaknya agar kondisi jadi gelap," terang Hery yang juga menjelaskan anak-anak muda itu berasal dari luar desa. "Mereka ternyata dari warga luar desa, baik dari Pagak, Gondanglegi dan lainnya," katanya.

Kondisi tersebut, masih menurut Hery, membuatnya menugaskan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) untuk patroli kalau malam di area RTH.

"Setelah patroli diintensifkan, sekarang sudah tidak ada lagi orang yang datang untuk berbuat mesum. Kalau masih ada kita tindak tegas," tegas Hery yang juga mengimbau warga sekitar untuk lapor kalau kembali terjadi seperti itu.

RTH Sengguruh yang asalnya lapangan sepak bola desa yang tidak refresentatif, karena kemiringan tanahnya serta sekeliling lokasi adalah rumah warga, dirancang menjadi wilayah ekonomi wisata.

"Nanti di tengah-tengah RTH akan dibangun bangunan lantai tiga. Lantai dasar difungsikan untuk ruang serba guna, lantai dua untuk kegiatan pemuda dan lantai atas sebagai gardu pandang," urai Hery yang juga menyampaikan bahwa ke depan direncanakan ada ruang untuk Usaha Kecil Menengah (UKM), kolam renang anak-anak dan gazebo.

"Bertahap menyesuaikan anggaran, mas, tetapi untuk wilayah RW 3 ini memang sudah ada konsep menjadi wilayah ekonomi wisata," katanya yang sekali lagi secara tegas menampik RTH Sengguruh masih menjadi tempat pacaran dan mesum.

"RTH bersih dan siap untuk menjadi salah satu andalan Sengguruh ke depannya selain bertumpu pada hasil pertanian dan wirausaha," pungkasnya

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top