Peradi Akan Segera Upgrading Skill Anggotanya

Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Ketua DPC Peradi Malang Raya Iwan Kuswardi (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebagian masyarakat yang mengalami suatu permasalahan hukum apalagi kurang memahami proses dan perundang-undangan hukum, pastinya membutuhkan pendampingan dari seorang advokat yang notabene dinilai paham tentang hukum.

Sebagai seorang penegak hukum pusat perhatian sudah pasti diarahkan pada perananya, peranan yang seharusnya dari kalangan advokat telah dirumuskan dalam Undang-undang. Undang-undang advokat nomor 18 tahun 2003 menjelaskan bahwa pengertian advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum di dalam maupun di luar persidangan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan Undang-undang.

Namun ada beberapa contoh kasus yang  bahwa ada beberapa oknum advokat yang malah berlaku melanggar aturan kode etik dari profesi advokat  yang dilatar belakangi ketidakpahaman aturan ataupun kesengajaan karena rendahnya moral dari oknum tersebut.

Mengantisipasi akan hal itu dan muncul keluhan dari para pengguna jasa layanan advokat sebagai pembela hukum, Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Malang Raya dalam waktu dekat segera melakukan pelatihan upgrading skill  terkait kode etik profesi kepada para anggota Peradi

Ketua DPC Peradi Malang Raya, Iwan Kuswardi SH. menjelaskan, pelatihan tersebut sangat perlu dilakukan untuk anggota-anggota muda Peradi agar mereka lebih paham dan tahu secara benar apa dan bagaimana rambu-rambu dalam melaksanakan profesinya sebagai seorang Advokat.

“Secara khusus memang untuk anggota baru lulus dan bergabung dengan Peradi, tetapi untuk yang senior juga akan ikut sebagai materi tambahan dan pengingat,” terang Iwan saat ditemui di kantor DPC Peradi di Jalan Sukarno Hatta, Kota Malang.

Langkah Upgrading skill ini dilakukan oleh Peradi Malang Raya untuk mencegah ataupun antisipasi akan adanya anggota yang menyimpang keluar jalur tidak menurut kode etik dalam menjalankan tugasnya. 

Iwan sendiri juga menjelaskan, selama ia menjabat sebagai Ketua DPC Peradi Malang Raya belum pernah muncul keluhan dari masyarakat sejak setahun yang lalu.

“Sejak saya menjabat belum pernah ada keluhan dari masyarakat tentang anggota Peradi Malang Raya,” tegas Iwan.

Terkait kapan waktu pelaksanaan upgrading  skill tersebut, Iwan menjelaskan bahwa belum bisa memastikan tanggal kegiatan tersebut dan masih melakukan pembahasan namun pastinya akan segera direalisasikan bulan Oktober 2016 ini pelaksanaannya.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top