Ajak Satlinmas Perangi Narkoba di Lingkungan Desa

Pembukaan Pelatihan dan Pembinaan Satlinmas Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan, Senin (17/10/2016) (Foto : Nana/MalangTIMES)
Pembukaan Pelatihan dan Pembinaan Satlinmas Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan, Senin (17/10/2016) (Foto : Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Maraknya penyalahgunaan narkoba serta lunturnya nilai-nilai kebangsaan di masyarakat pedesaan membuat Pemerintah Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan memberikan perhatian khusus dalam program kerja tahunan desa.

Tahun 2016 dijadikan momentum kebangkitan bersama untuk melawan narkoba di lingkungan desa melalui pembinaan dan pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (satlinmas) yang dilaksanakan tanggal 17 sampai 20 Oktober 2016.

"Dengan alokasi Dana Desa sebesar Rp. 16 juta untuk kegiatan ini, kita berharap satlinmas desa lebih memiliki daya lindung bagi lingkungan desa,"kata Mohamad Satu, Kepala Desa Jatikerto yang dalam sambutannya juga menekankan satlinmas wajib mengetahui dan memahami fungsinya.

"Ada pemahaman keliru sampai saat ini bahwa satlinmas itu fungsinya hanya kalau ada acara seremoni. Mengatur lalu lintas atau menjaga hajatan serta upacara saja. Ini yang wajib kita rubah," lanjutnya.

Satlinmas merupakan garda depan dalam mencegah munculnya berbagai tindak kriminal di lingkungan desa. Bahaya narkoba, misalnya telah menyusup begitu dalam di kehidupan masyarakat perdesaan.

"Saat linmas kuat karena dibekali pengetahuan tentang berbagai hal tindakan kriminal dan semakin kuat wawasan kebangsaannya, maka saya yakin desa akan terbebas dari segala tindak kejahatan,"kata Kasmo, Babinsa Kec. Kromengan yang merupakan pemateri hari pertama dalam penyampaian narkoba dan wawasan kebangsaan, Senin (17/10/2016) malam.

Selama empat hari, satlinmas Desa Jatikerto yang berjumlah 37 orang akan di gembleng dengan materi tentang Narkoba, Wawasan Kebangsaan, Baris Berbaris dan Kelinmasan.

"Mengembalikan posisi serta peran satlinmas yang sesungguhnya, saya yakin desa-desa akan menjadi lebih kuat dalam menghadapi gempuran dari luar yang sifatnya merusak masyarakat. Narkoba, pergaulan bebas, judi serta hal lainnya,"ujar Kasmo yang juga menekankan dengan adanya pembinaan dan pelatihan satlinmas ini perannya lebih ditingkatkan.

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top