Inilah 10 Provinsi dengan Penduduk Miskin Tertinggi di Indonesia

Kondisi kemiskinan yang ada di berbagai provinsi di Indonesia (foto istimewa)
Kondisi kemiskinan yang ada di berbagai provinsi di Indonesia (foto istimewa)

MALANGTIMES - Separo penduduk Pulau Jawa tergolong miskin. Sisanya dibagi dengan penduduk di provinsi luar Jawa. 

Begitulah dari hasil data  penduduk miskin yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015. Angka kemiskinan bersarang di 10 Provinsi Indonesia. 

Jawa Timur merupakan provinsi pertama yang menyumbang angka kemiskinan terbanyak di Indonesia.  Sekitar 4.775.000 orang miskin berada di Jatim. Rinciannya, lebih 3,2 juta  berada di perdesaan dan 1,5 juta tersebar di kota-kota besar. Batas penghasilan bulanan untuk sebuah keluarga miskin di Jawa Timur berkisar di angka Rp. 318.000.

Jawa Tengah di urutan kedua, dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 4.505.780. Batas pendapatan untuk kategori miskin di provinsi ini berkisar Rp 310.000  per bulan.

Ketiga adalah Provinsi Jawa Barat yang mencatat 4,48 juta penduduk miskin tahun 2016 dan didominasi penduduk perkotaan dengan jumlah  mencapai 2,7 juta penduduk. Untuk dikategorikan miskin, seseorang harus berpenghasilan maksimal Rp. 319.000 ribu per bulan.

Sumatera Utara ada di urutan keempat sebagai provinsi di luar Jawa dengan 1,5 juta penduduk yang berpenghasilan maksimal 352.000 per bulan. Disusul Sumatera Selatan dengan jumlah penduduk miskin yang hidup di perdesaan sekitar 1,12 juta. Penghasilan penduduk miskin hanya Rp. 380.000 per bulan.

Di urutan keenam ada Provinsi Lampung. Dari data BPS, ada sekitar 80 perse penduduk miskin dengan jumlah 1,1 juta yang hidup di wilayah perdesaan. Mereka dikategorikan miskin karena cuma berpenghasian maksimal 380 ribu per bulan. 

Nusa Tenggara Timur masuk di urutan ketujuh dengan 1,16 juta penduduk yang saat ini digolongkan sebagai kaum miskin. Didominasi penduduk miskin di perdesaan dengan penghasilan Rp. 290.000 per bulan. Masalah terbesar NTT adalah angka pengangguran yang tinggi sebagaimana lazimnya provinsi di timur Indonesia. 

Kedelapan di huni oleh Papua sebagai provinsi terluas di Indonesia dengan jumlah penduduk tidak lebih banyak ketimbang Surabaya. Namun dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 898 ribu orang, hampir sepertiga penduduk Papua hidup dengan pendapatan di bawah Rp 390.000 per bulan. 

Sulawesi Selatan masuk di peringkat sembilan dengan lebih dari 864 ribu penduduk hidup di bawah garis kemiskinan.  Upah bulanan yang tidak mencapai Rp. 254.000 tidak membuat Sulsel -yang tercatat sebagai salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia- mampu menghalau kemiskinan penduduknya.

Terakhir adalah Provinsi Aceh. Kendati bermandikan rupiah berupa dana otonomi khusus dan pendapatan asli daerah yang nyaris mencapai 2 trilun rupiah, provinsi paling barat Indonesia ini masih mencatat 859 ribu penduduk miskin. (Sumber: Data BPS diolah) 

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top