Antusias Warga Menggebu Daftar Jadi Pedagang di Terminal Wisata Talangagung

Antusias warga dari berbagai kecamatan di kab. Malang dalam mendaftar menjadi pedagang lapak rakyat, (17/10)
Antusias warga dari berbagai kecamatan di kab. Malang dalam mendaftar menjadi pedagang lapak rakyat, (17/10)

MALANGTIMES - Puluhan warga dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Malang begitu antusias mendaftarkan diri dalam acara Lapak Rakyat dalam konsep Terminal Wisata Talangagung Kepanjen, Senin sore di ruang tunggu terminal (17/10/2016).

Berbagai jenis usaha didaftarkan kepada koordinator lapak rakyat, Tri Haryanto, dari makanan, minuman, busana bahkan yang akan menjual jasa konsul kesehatan maupun permainan anak-anak.

"Antusias warga dari berbagai kecamatan merupakan bukti bahwa keinginan menggairahkan perekonomian dari usaha kecil menengah (UKM) cukup tinggi. Kita fasilitasi keinginan itu dengan lapak rakyat," kata Tri Haryanto.  

Lapak rakyat dengan tema Terminal Wisata Talangagung yang akan dibuka tanggal 25 Oktober 2016, sampai berita dibuat sudah menjaring 148 orang.

Dengan biaya Rp 35 ribu sebulan yang diperuntukkan untuk kebersihan, listrik dan air ini, menurut Lesti Hardianti, pedagang busana, merupakan kesempatan langka.

"Kita dapat tempat berjualan walaupun bukanya sore sampai malam setiap hari dengan biaya murah," katanya yang juga mendaftarkan kerabatnya.

Senada dengan Lesti, Agus Solihan warga Slorok Kec. Kromengan rela mengantri untuk mendapatkan kartu identitas pedagang lapak rakyat.

"Dari jam tiga sore saya sabar menunggu mas sampai sekarang karena banyaknya yang daftar," ujarnya.

Dalam menyikapi antusias warga tersebut, pihak Dinas Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) menyatakan telah menyiapkan fasilitas yang nanti dibutuhkan para pedagang.

"Lokasi jualan, parkir, listrik dan kebutuhan air kita persiapkan. Pesan kita adalah jaga kebersihan karena wilayah terminal juga wilayah perkantoran," kata Djulianta, Kepala UPTD Perhubungan kepada warga.

Dengan mengusung konsep Terminal Wisata, Tri Haryanto mengatakan setiap sabtu dan minggu akan diselenggarakan juga pertunjukan live berbagai hiburan.

"Terutama pertunjukan kesenian malangan yang akan kita prioritaskan, selain musik band," katanya.

Tri juga menyatakan bahwa dengan antusiasnya warga mendaftar bisa dijadikan tolok ukur akan keberlanjutan lapak rakyat ini.

"Selain diproyeksikan menjadi ikon terminal wisata, esensi dari acara kita adalah menumbuhkan kekuatan ekonomi masyarakat menengah," pungkas Tri.

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top