Tingkatkan Kinerja, Satpol PP Digembleng Jambore

Peserta jambore menerima pengarahan dari Walikota Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Peserta jambore menerima pengarahan dari Walikota Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Sebanyak 20 personil Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot Malang mengikuti Jambore Regional Jatim di Coban Rondo, Malang.

Ratusan personil Satpol PP dari kabupaten dan kota Se-Jawa Timur bakal berkumpul dan mengikuti kegiatan Jambore tersebut. Kegiatan akan berlangsung tanggal 17 hingga berakhir tanggal 24 Oktober 2016.

Walikota Malang HM.Anton Menekankan kepada para peserta, agar para peserta bisa belajar dan mengambil ilmu yang bermanfaat. Agar tahu bagaimana mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat pada kegiatan Jambore tersebut.

"Karena tugas Satpol PP bukan saja hanya menurunkan reklame di pinggir jalan saja, bukan saja melakukan penertiban Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi, red.), namun bisa berkembang melakukan tugas lain," terangnya.

Menurutnya, penegakan perda dan juga untuk menumpuk kedisiplinan memang harus selalu digalakkan, maka dari itulah perlu lebih ditingkatkan lagi dalam penguasaan skill dari petugas penertiban.

"Peningkatan skill individu harus dilakukan, karena ya agar bisa lebih baik dalam menjalankan tugasnya, kepala daerah polisinya ya Satpol PP. Pemerintahan bisa berjalan baik jika selalu juga melakukan pengawasan, nah salah satunya oleh satpol PP," tuturnya.

Dalam Jambore ia berharap,agar peserta bisa memberi contoh dan semakin meningkatkan profesionalisme kinerjanya sebagai anggota Satpol PP yang menjadi penegak perda pilar pemerintahan yang baik.

 "Di Jambore bisa memberi warna tersendiri. Malang bisa dicontoh oleh orang lain atau daerah lain, dan itu harus dijaga sebagai parameter mempertahankan kualitas polisi pamong praja," tandasnya.

Ia berpesan agar seluruh peserta bisa menjaga kewibawaan Kota Malang, karena pemerintahan juga tergantung pada mereka.

"Satpol PP adalah polisi pemerintah, sekarang pun satpol PP juga sudah mengajukan keperluan seperti baju tahan bakar, 2017 juga akan kita realisasikan agar nantinya bisa memberikan peningkatan kinerja yang baik," imbunya.

Kegiatan Jambore Regional Jatim nantinya juga akan diisi kegiatan lainnya, seperti lomba Persatuan Baris Berbaris (PBB) dan lomba ketangkasan anggota.

Sementara itu dalam bertugas, walikota juga mengarahkan pada Satpol PP agar selalu mengutamakan pembinaan bukan kekerasan.

"Satpol PP tidak seperti bayangan mereka (masyarakat sasaran, red.). Namun, kalau mereka mengganggu yang lain ya kita harus melakukan tindaka. Memang tak semudah membalik telapak tangan kita, namun itulah tantangan kita," pungkasnya.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top