Terminal Wisata Talangagung Siap Curi Perhatian Masyarakat

Djulianta, Kepala UPTD Perhubungan Dishubkominfo Kabupaten Malang (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Djulianta, Kepala UPTD Perhubungan Dishubkominfo Kabupaten Malang (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rencana pembentukan Terminal Wisata di Talangagung Kepanjen, semakin di intensifkan.

Hal ini dikarenakan hari Sabtu mendatang (22/10/2016) merupakan hari pertama digelarnya lapak rakyat Malang Raya.

Gagasan yang dicetuskan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cerdas Bangsa ini disambut hangat oleh pihak perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) sebagai pengelola Terminal Talangagung.

"Kita tentunya merespon ide tersebut, selama kebersihan, keamanan terjaga. Apalagi ide ini dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat," kata Djulianta, Kepala UPTD Perhubungan, Senin (17/10/2016).

Djulianta juga menyampaikan bahwa ide Terminal Wisata juga sudah dikoordinasikan dengan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Kadishubkominfo), Abdul Rachman.

"Kadis mendisposisikan hal tersebut kepada kami dan telah kita laksanakan. Insyaallah Sabtu mendatang mulai dan nanti sore rencana ada rapat antara penyelenggara dan seluruh pedagang," terangnya.

Dari informasi yang telah diterima, sampai saat ini sudah sekitar 105 pedagang yang mendaftar untuk meramaikan Terminal Talangagung.

"Kemungkinan akan bertambah pesertanya, mas. Karena ini berkonsep wisata, maka tidak hanya pedagang makanan dan minuman saja tetapi juga produk seni khas Malang dan lainnya akan memeriahkan lapak rakyat ini," ujar Djulianta yang juga menyampaikan lapak rakyat dibuka diatas  jam 16.00 WIB.

Sampai saat ini, pihak UPTD Perhubungan dan penyelenggara terus memetakan luasan lahan dan ukuran tiap lapak yang akan ditempati.

"Dengan luas lahan sekitar 600 meter persegi, saya pikir masih akan bisa menampung lebih banyak pedagang nantinya. Kita masih terus mendiskusikan hal ini," kata Djulianta.

"Awal pembukaan sampai akhir tahun ini tidak memiliki target muluk-muluk dulu. Mengalir dulu, kita lihat nanti apa lapak rakyat diapresiasi oleh masyarakat atau para wisatawan. Karena mendatangkan orang bukan masalah mudah," lanjutnya.

Di kesempatan lain, Kepala Bidang Pemandu Moda Transportasi (Kabid PMT) Dishubkominfo, Doddy Priambodo juga menyampaikan bahwa nantinya juga lapak rakyat ini akan diisi dengan pertunjukan kesenian Malangan.

"Jadi lapak rakyat ini bukan sekedar jualan makanan, minuman saja tetapi juga menurut penyelenggara nanti akan diisi dengan pertunjukan kesenian dan lainnya," kata Doddy yang juga berharap ide ini bisa melahirkan ikon wisata baru bagi Kabupaten Malang.

Masalah publikasi informasi serta teknis kerjasama dalam acara lapak rakyat ini, sepenuhnya di tangan LSM Cerdas Bangsa.

"Kita hanya menyiapkan lahan di Terminal Talangagung, kalau pun nantinya mampu menambah retribusi parkir dan lainnya ke Dishub, itu hanya efek. Yang kita tekankan adalah Dishub memiliki perhatian juga terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat," pungkas Djulianta.

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top