Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ini Kata Menpora Imam Nahrawi soal Pemuda Malang Melawan Banjir

Penulis : Lazuardi Firdaus - Editor : Lazuardi Firdaus

17 - Oct - 2016, 10:02

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi mengapresiasi aksi riil yang dilakukan pemuda yang tergalang dalam Kawula Muda Bersatu Kabupaten Malang. (Foto: WowKeren.com)
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi mengapresiasi aksi riil yang dilakukan pemuda yang tergalang dalam Kawula Muda Bersatu Kabupaten Malang. (Foto: WowKeren.com)

MALANGTIMES - Aksi nyata Kawula Muda Bersatu (KMB) Kabupaten Malang yang terjun langsung ke Sungai Tundo, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, terdengar hingga pemerintah pusat. Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi memberikan dua jempolnya kepada para pemuda Malang yang turut membantu masyarakat melawan banjir.

Pada Senin pagi ini, 17 Oktober 2016, ribuan pemuda dari 33 kecamatan se Kabupaten Malang, berbaur dengan masyarakat serta Dinas Pengairan Kabupaten Malang melakukan bakti sosial. Mereka tak hanya membantu tenaga, tapi juga mengulurkan dana untuk  membuat bronjong sepanjang 600 meter di Sungai Tundo yang terus-menerus banjir ketika musim penghujan tiba. 

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

Pada September lalu, air Sungai Tundo meluap hingga menyebabkan puluhan rumah hancur dan ratusan hektare lahan pertanian rusak parah. Bronjong ini dipasang untuk membantu tugas Pemkab Malang yang telah melakukan pengerukan sungai. Nantinya, bronjong ini dipasang untuk memperkuat tanggul yang dibuat dari batu grosokan dari dasar sungai hasil pengerukan. 

Menurut Imam, turunnya ribuan pemuda dalam aksi nyata merupakan hal positif yang sudah sangat jarang dilakukan di negara ini. Karenanya, dia berharap apa yang dilakukan KMB bisa ditiru oleh pemuda lainnya di Indonesia.

"Saya sangat senang dan bangga melihat karya nyata pemuda Malang yang terus hadir membuat terobosan, inspirasi, dan solusi atas soal-soal yang terjadi di masyarakat," ucap Imam.

Pria asal Madura tersebut menerangkan, apa yang dilakukan KMB merupakan sebuah langkah bijak dalam membantu penderitaan warga. Para pemuda yang tergabung dalam KMB telah melaksanakan perannya sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

Ribuan warga bekerja bakti memasang bronjong sepanjang 600 meter di Kali Tundo, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Senin, 17 Oktober 2016. Mereka berasal dari Kawula Muda Bersatu (KMB) Kabupaten Malang, warga setempat, dan staf Dinas Pengairan Kabupaten Malang.

"Para pemuda Malang langsung menjawab dengan cerdas dalam mengantisipasi banjir. Sudah semestinya mereka menjadi solusi di tengah masyarakat," sambungnya.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Dia berjanji akan menyampaikan cara pemuda Malang membantu masyarakat melawan banjir ke seluruh Indonesia. Agar apa yang dilakukan pemuda Kabupaten Malang juga menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya dalam menyelesaikan peraoalan di masyarakat.

"Dan kami akan terus mendorong agar semua pemuda Indonesia melakukan hal-hal yang positif sebagai bentuk tanggung jawab masa depannya dan masa depan Indonesia," tutup Imam.


Topik

Peristiwa Kawula-Muda-Bersatu Banjir Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Lazuardi Firdaus

Editor

Lazuardi Firdaus