Belajar Keteladanan dari Sosok Kapolri Terlama di Indonesia

Buku Jendral Polri R.S Soekanto Tjokrodiatmojo (Anggara/MalangTIMES)
Buku Jendral Polri R.S Soekanto Tjokrodiatmojo (Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Di era modern ini, hadir buku biografi Jendral Soekanto Tjokrodiatmodjo yang terbit tahun 2016. Buku ini banyak menginspirasi aparat kepolisian dan membuat kebanggaan karena sosoknya yang layak menjadi tauladan bagi polisi. Khususnya di kota Malang, sosok Jendral tersebut bisa dikatakan sebagai bapak dari polisi di Indonesia.

Agar masyarakat lebih mengetahui tentang sosok Kapolri pertama dan terlama dalam sejarah kepemimpinan polisi, digelar bedah Buku Jendral R.S Soekanto Tjokrodiatmojo. Kegiatan bedah buku ini diselenggarakan oleh Persada (Peneliti Sejarah dan Pusat Studi Budaya) bersama Peradi (Persatuan Advokat Indonesia) Malang Raya dan juga dihadiri Kapolresta Malang AKBP Decky Hendarso, Sabtu (15/10/2016)

Kapolresta Malang, Decky Hendarso dalam bedah buku mengatakan, R.S Soekanto Tjokrodiatmodjo, merupakan Kapolri pertama dan terlama yang dikenal visioner, disiplin, tertib dan konsisten dalam membentuk Kepolisian Nasional.

"Hal yang patut dicontoh dari beliau adalah kesederhanaan, kedisiplinan dan ketegasannya," ujar Kapolresta saat kegiatan bedah buku.

R.S Soekanto Tjokrodiatmodjo sangat berkomitmen dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Kapolri selama 14 tahun mulai dari 1945-1959.

Kualitas dalam kepemimpinan yang berkarakter tak terlepas dari latar belakang pendidikan di lingkungan pendidikan formal maupun informal. Serta interaksi pada kaum pergerakan yang memberikan semangat atau pengaruh yang kuat pada pembentukan kepribadian dalam komitmen terhadap bangsa. Inilah yang membentuk karakter sang Kapolri pertama dan terlama ini menjadi baik selama ia memimpin.

Sementara itu, Mantan Staf Ahli Kapolri Komjen Pol (Purn) Drs Ahwil Lutan SH., MBA, MM mengatakan, sosok Jendral Soekanto Tjokrodiatmodjo memang patut diteladani.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top