Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Status Gunung Bromo Meningkat Menjadi Siaga

Penulis : Imam Syafi’i - Editor : Redaksi

15 - Oct - 2016, 17:01

Pos Pelayanan Tagana Kabupaten Malang yang bertugas mengamati aktivitas status Gunung Bromo. (foto : Istimewa)
Pos Pelayanan Tagana Kabupaten Malang yang bertugas mengamati aktivitas status Gunung Bromo. (foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Humas Posko Tagana Kabupaten Malang, Ali Usman menyampaikan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) status aktivitas Gunung Bromo meningkat dari level waspada menjadi siaga,  Sabtu, (15/10/2016)

Aktivitas gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter dari permukaan laut ini, tercatatat sejak 26 September 2016 berstatus waspada (level II). Saat ini statusnya  menjadi siaga (level III).

Melihat status aktivitas Gunung Bromo seperti ini, pria yang akrab disapa Bung Ali ini mengimbau kepada masyarakat, wisatawan dan para pendaki untuk berhati-hati.

"Aktivitas Gunung Bromo sekarang masih belum stabil dan statusnya masih tetap siaga dengan radius aman di luar 2,5 kilometer dari kawah aktif.

Wisatawan dan pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius tersebut,'' kata Ali saat dikonfirmasi melalui selulernya kepada MalangTIMES.

Menurut dia, kegempaan Gunung Bromo memiliki ciri-ciri yang diakibatkan dari gempa tremor naik perlahan dan berfluktuasi hingga saat ini.

''Sekarang seismik Tremor Amax tercatat 0.5 sampai 9 milimeter dan dominan 1 mili meter. Serta satu kali hembusan Amax mencapai 13 milimeter,'' terang dia.

Sementara itu, cuaca di Gunung Bromo sangat terang, angin tenang dan mendung. 

Lalu, kondisi suhu mulai 10 hingga 11 Derajat Celcius.

''Kondisinya jelas berkabut dan asap kawah teramati putih kelabu tipis sedang dengan tekanan yang lemah. Untuk tinggi asap berkisar 50 sampai 300 meter dari puncak kawah kearah barat,'' ujarnya.


Topik

Peristiwa Gunung-Bromo Status-Siaga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafi’i

Editor

Redaksi