Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Program Quilting dan Patchwork Bermanfaat untuk Ekonomi Kreatif

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

07 - Oct - 2016, 04:59

Para peserta saat belajar quilting dan patchwork di Atriaa Hotel (6/10/2016) (Foto: Anggara/MalangTIMES)
Para peserta saat belajar quilting dan patchwork di Atriaa Hotel (6/10/2016) (Foto: Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sejak 3 bulan yang lalu Berkaf (Badan Ekonomi Kreatif)  melakukan pembinaan pendampingan terhadap 50 Quilter dari 5 komunitas yang berasal dari 7 daerah di MalangRraya seperti Singosari, Lawang, Pakis Wagir, Karangploso, Batu di Aria Hotel, Kamis (6/10/2016). 

Pembentukan Ekosistem Pusat Kreatif Patchwork ad Quilting telah banyak memberikan semangat dan motivasi serta tambahan skills bagi para Quilter dalam mengembangkan dan menghasilkan kreasi yang padu padan.

Baca Juga : Trending Twitter! Buku Karya Tere Liye Jadi Barang Bukti Aksi Vandalisme Anarko

Deputi Bidang Infrastruktur Berkaf Hari Sentosa  Sungkari menjelaskan mulai dari awal program sampai acara penutupan saat ini semua pun sangat antusias belajar Patchwork ad Quiting.

Antusias ini terlihat dari kemampuan para peserta yang tercermin dari karyanya yang bagus dan luar biasa karena program itu sangat bermanfaat untuk ekonomi kreatif.

"Dari awal sampai ahkir acara, pesertanya sangat antusias, dari jumlah 50 peserta tidak berkurang sedikitpun. Ini hal yang positif apalagi karya-karyanya sangat bagus untuk mengembangkan ekonomi kreatif," ujarnya.

Di sisi lain Wali Kota Malang, HM Anton mengungkapkan masyarakat Malang ini sangt kreatif mulai dari yang muda hingga orang tua seperti yang terlihat pada para peserta yang hadir ini.

"Quilting kita ini sangat berpotensi luar biasa untuk kemajuan daerah serta terbentuknya ekosistem pusat kreatif Malang Raya di bidang patchwork dan quiting," ujarnya Kamis (06/10/2016)

Baca Juga : Lawan Covid-19, Pewarta Kodew Malang Bagikan Vitamin ke Tukang Becak

Semetara itu, Quilting dan Patchwork merupakan, suatu teknik menjahit yang berasal dari Amerika yang sampai saat ini sudah dikenal dan berkembang di Indonesia.

Quilting sendiri adalah menjahit dengan menggabungkan dua lembar kain dengan jahitan atau ikatan yang ditengahnya dilapisi suatu lapisan atau gumpalan (batting)yang biasa digunakan adalah dakron atau silikon.

Sementara, Patchwork adalah teknik jahit potongan kain perca dalam pola-pola tertentu, menjadi satu lembar kain sehingga membentuk berbagai macam motif.


Topik

Peristiwa Badan-Ekonomi-Kreatif


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus