Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata Berakhir Pekan di Kalimantan Timur

Melihat Koleksi Kesultanan Kutai Kartanegara

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

01 - Oct - 2016, 21:31

Replika patung Lembuswana (kiri-belakang) dan singgasana Istana Kesultanan Kutai Kartanegara di Museum Mulawarman (Foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)
Replika patung Lembuswana (kiri-belakang) dan singgasana Istana Kesultanan Kutai Kartanegara di Museum Mulawarman (Foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mengunjungi Kutai Kartanegara tak lengkap rasanya bila tak singgah di Istana Kesultanan Kutai Kartanegara yang kini dijadikan objek wisata, Museum Mulawarman. 

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Begitu pun Media Online Nomor 1 di Jawa Timur, JatimTIMES yang berkesempatan melihat langsung koleksi Istana Kesultanan Kutai Kartanegara. Cukup merogoh kocek kurang dari lima ribu rupiah saja, pengunjung sudah bisa menikmati ratusan koleksi raja Kutai Kertanegara.

Bangunan museum Mulawarman  didominasi oleh beton mulai dari ruang bawah tanah, lantai, dinding, penyekat hingga atap. Di halaman depan ada duplikat patung Lembuswana yang merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara. 

Museum Mulawarman menyimpan benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti singgasana, tempat peraduan, pakaian kebesaran, tombak, keris, meriam, kalung dan prasasti yupa serta koleksi keramik Cina. 

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Museum Mulawarman terdiri dari dua lantai. Di lantai bawah terdapat koleksi keramik Cina, sedangkan lantai satu berisi koleksi peninggalan bercorak kesenian. Di belakang museum, pengunjung bisa berbelanja cinderamata khas budaya Dayak, batu perhiasan, maupun cendera mata lainnya. (*)


Topik

Wisata Koleksi-Kesultanan Kutai-Kartanegara Museum-Mulawarman.


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus