Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Gandeng Markplus Promosikan Pariwisata, Kabupaten Malang Kejar Sapta Pesona

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

19 - Sep - 2016, 17:57

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Made Aryha Wedhantara (tengah).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Made Aryha Wedhantara (tengah).

MALANGTIMES - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang makin gencar mempromosikan potensi wisata di wilayahnya. Kerja sama dengan Markplus salah satunya.

Langkah disbudpar ini sama dengan Kementerian Pariwisata RI. Kementerian Pariwisata juga bermitra dengan Markplus untuk promosi wisata Indonesia. ”Tentunya kerja sama ini juga terus melibatkan media promo di daerah seperti Malangtimes,” ungkap Kadisbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Dengan Markplus, disbudpar mengusung misi pada 2017, yaitu potensi pariwisata Kabupaten Malang bisa booming dan meraih anugerah Sapta Pesona. Sesuai arahan  Kementerian Pariwisata, Kabupaten Malang telah mempersiapkan semua aspek yang menjadi penilaian anugerah tersebut.

Menurut Made, masukan Kementerian Pariwisata adalah memunculkan sarana dan promosi wisata yang dapat ditonjolkan selain wisata alam.  Misalnya kampung wisata. ”Sebenarnya kami telah berhasil menggarap 14 desa wisata seperti Gubuk Klakah dan Poncokusumo. Ke depan kami akan memaksimalkan desa wisata yang lebih banyak lagi,” ucap dia.

Disbudpar juga memberikan waktu kepada pemerintahan desa yang ingin berdiskusi dan bersinergi untuk merealisasikan desa wisata. Dengan demikian, desa wisata benar-benar berasal dari adanya potensi lokal desanya. ”Bukan sekadar program yang bertujuan pendek. Ini jangka panjang dan masa depan pariwisata kabupaten,” tutur Made. 

Bukan hanya itu. Ruang-ruang yang dipercayakan pemerintah pusat maupun berbagai lembaga budaya dan pariwisata kepada Kabupaten Malang dijadikan sarana promosi wisata. Misalnya saat ini Kabupaten Malang menjadi rumah Temu Pusaka Indonesia 2016.

”Momen Temu Pusaka Indonesia kami jadikan ruang promosi efektif yang nantinya akan semakin memperkenalkan lokus-lokus dan keunikan budaya serta wisata Kabupaten Malang. Misalnya candi maupun berbagai arca seperti Dwara Pala, Kendedes, dan Lembu Nandini,” ungkapnya.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Disbudpar juga sedang menggarap literasi Singasari. Isinya cerita sejarah yang dikreasikan dengan isu-isu yang berkembang dan dihubungkan ke dalam cerita Singasari. Harapannya, literasi Singasari ini dapat dinikmati semua kalangan tanpa kehilangan ruhnya.

Selain itu, disbudpar sedang menyelesaikan pembuatan replika arca-arca. Benda-benda itu akan diletakkan di museum Kabupaten Malang  yang sedang dibangun. Terhadap pemilik arca, disbudpar membentuk tim yang bertugas mendata dan memberikan ganti rugi. (*)


Topik

Wisata Pariwisata Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus