Agar Fotomu Tampil Unik di Instagram, Gunakan Teknik Flatlay

Flatlay digemari untuk pengambilan gambar versi instagram, seperti milik Ammamamo (kiri) dan Bella Irmadinata (kanan) (Alvinia Yuliareza Gutomo/MalangTIMES)
Flatlay digemari untuk pengambilan gambar versi instagram, seperti milik Ammamamo (kiri) dan Bella Irmadinata (kanan) (Alvinia Yuliareza Gutomo/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Fotografi merupakan seni visual yang mempunyai unsur estetika sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi penyukanya.

Banyaknya teknik-tenik dalam fotografi membuat fotografer memiliki ciri khas masing-masing ketika menghasilkan sebuah gambar.

Sekarang ini, banyak orang menyukai teknik flatlay dalam hasil karya mereka. Flatlay merupakan salah satu teknik fotografi yang memanfaatkan permukaan datar sebagai background fotonya dan pengambilannya dari sisi atas.

Tidak hanya digemari oleh para fotografer saja bahkan dimanfaatkan juga oleh pengguna media sosial instagram dalam membuat angle yang unik.

Hal tersebut diakui oleh salah satu fotografer sekaligus foodies asal Malang, Ammamamo. Foodies yang banyak dibicarakan karena pengambilan fotonya yang eye cathing ini sangat memanfaatkan flatlay ketika mengambil sebuah gambar.

Terinspirasi dari salah satu fotografer Indonesia, Ammamamo mulai mempelajari flatlay hingga saat ini. Ia memilih konsep flatlay karena dianggap lebih mudah dan meminimalisir blur dalam foto.

"Flatlay itu punya hasil yang unik karena kamu bisa ngerekam semua sisi dalam frame, beda kalau ambil dari satu sisi aja. Apalagi kalau kita pinter manfaatin properti yang ada, kalau nggak ya hasilnya bakal bener-bener flat alias nggak ada unsur ketertarikan disitu," ungkapnya saat diwawancara.

Ketika mengambil gambar flatlay, tidak jarang ia rela menaiki kursi agar mendapat gambar yang sempurna.

Selain teknik flatlay digunakan oleh foodies, juga diaplikasikan oleh pebisnis di instagram seperti Bella Irmadinata.

Pemilik akun @adorabellestf ini tidak jarang menggunakan flatlay dalam pengambilan gambar untuk produknya.

Meski belajar secara otodidak, Bella mengaku membuat kreasi flatlay dengan aksesoris-aksesoris yang justru menjadi ciri khasnya.

"Pertamanya tau dari supplier, kok bagus fotonya, simple. Akhirnya coba-coba sendiri di rumah. Pertama ya jelek kayak biasa banget lama-lama udah ngerti gimana caranya biar bagus, makanya aku selalu manfaatin aksesoris kayak stationary gitu. Kadang kalau ambil secara flatlay, kita juga harus bisa madu-padanin warna sih biar cocok antara produknya sama backgroundnya," jelas Bella.

Ia menambahkan bahwa teknik flatlay cukup mudah diaplikasikan, selain tidak membutuhkan budget lebih dibanding menggunakan model, juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengambil gambar.

Meski memanfaatkan flatlay melalui dua hal yang berbeda, Ammamamo dan Bella mempunyai persamaan ide ketika mengambil gambar.

Mereka menjadikan barang atau produk utamanya agar menonjol dibanding background maupun alat-alat pelengkap dalam frame.

Pewarta : Alvinia Yuliareza Gutomo
Editor :
Publisher : Abdul Hanan
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top