Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Wisata Edukasi Jadi Cara Alternatif Pikat Wisatawan

Penulis : Rullly Novianto - Editor : Redaksi

30 - May - 2016, 17:35

Ragilda, wisatawan lokal yang menikmati paket wisata edukasi di Museum Malang Tempo Dulu. (Foto: Rully/MalangTIMES)
Ragilda, wisatawan lokal yang menikmati paket wisata edukasi di Museum Malang Tempo Dulu. (Foto: Rully/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keberadaan agen travel di Kota Malang sudah menjamur dan saling berkompetisi merebut hati wisatawan. Namun menurut Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur, Dwi Cahyono, hampir semua agen travel menawarkan paket wisata serupa, yaitu field trip ke Gunung Bromo.

Terkait hal ini, Dwi merasa perlu paket wisata alternatif untuk menarik wisatawan, seperti city tour yang memuat program kunjungan wisata edukasi.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

“Saya yakin, paket wisata edukasi bisa menjadi alternatif destinasi untuk menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” ucap Dwi kepada MALANGTIMES, Senin (30/5/2016).

Beberapa agen wisata yang sudah memulai menawarkan wisata edukasi adalah Rumah Singgah.

Hotel yang berlokasi di Jalan Ir Soekarno No 1, Kota Batu ini menawarkan penginapan lengkap dengan paket city tour wisata edukasi, seperti Candi Badut, Candi Jago, Candi Singosari, Taman Bonsai di Kota Batu, Sanggar Batik Soendari Kota Malang, Museum Malang Tempo Dulu, dan Wisata Petik Madu di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Manager Rumah Singgah Fuad Rahman, menjelaskan, bahwa paket tersebut sengaja ditawarkan kepada wisatawan untuk melengkapi paket filed trip Gunung Bromo dan beberapa pantai di wilayah Kabupaten Malang.

“Kami tidak hanya menawarkan paket Bromo saja, tapi kami juga memiliki misi untuk mengenalkan potensi Malang melalui pilihan wisata edukasi,” jelas Fuad.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Fuad menambahkan, bahwa paket wisata edukasi yang ia tawarkan menjadi berkah tersendiri, yaitu menjadikan Rumah Singgah yang ia kelola memiliki perbedaan dengan agen travel lainnya. Menurutnya, dengan cara itu, ia kemudahan dalam menjaring wisatawan.

“Paket wisata edukasi menjadi keunggulan program field trip Rumah Singgah, kami yakin dengan cara itu dapat lebih mudah menarik perhatian wisatawan,” pungkas Fuad. (*)


Topik

Wisata Wisata-Edukasi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Rullly Novianto

Editor

Redaksi