Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Sepeda Uap Dijadikan Paket Wisata Tersendiri

Penulis : Nurliana Ulfa - Editor : Redaksi

30 - Apr - 2016, 22:56

DETAIL: Sepeda uap tidak hanya dipajang, tetapi bisa dijadikan objek praktik edukasi untuk pengunjung. Misalnya bagaimana cara mengisi bahan bakar dan membakar air di dalam tong. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)
DETAIL: Sepeda uap tidak hanya dipajang, tetapi bisa dijadikan objek praktik edukasi untuk pengunjung. Misalnya bagaimana cara mengisi bahan bakar dan membakar air di dalam tong. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)

MALANGTIMES – Museum Angkut + Movie Star Studio membuat paket wisata edukasi bertajuk Cakra Manggiling. Seperti namanya, edukasi ini seperti halnya roda yang berputar. Paket wisata berisi sejarah alat transportasi perintis dan cerita dari masa ke masa yang disajikan dengan lengkap.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Salah satu bahasannya adalah sepeda uap. Sepeda ini adalah proses awal sebelum ditemukannya sepeda motor bermesin bakar seperti sekarang ini.

Wisatawan bisa melihat bagaimana wujud sepeda uap dan proses mengisi bahan bakarnya. Tidak hanya itu, mereka juga mendapat penjelasan dari guide mengenai serba-serbi dan sejarah sepeda uap.

”Dengan paket edukasi Cakra Manggiling ini mereka bisa mengetahui sejarah alat transportasi pertama di dunia yang kami sajikan langsung di hadapan pengunjung,” jelas Nunuk Liantin, Public Relation Museum Angkut + Movie Star Studio.

Diluncurkannya paket wisata edukasi ini juga dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei. ”Untuk pilihan paket edukasi ini kami sesuaikan dengan usia pengunjung agar apa yang diperoleh bisa terserap maksimal,” tambah Nunuk.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Bagi siswa TK dan SD akan diberikan edukasi tambahan tentang rambu-rambu lalu lintas dan simulasi pemadaman kebakaran.

Untuk siswa SMP diajari pengenalan terhadap mesin-mesin alat transportasi. Bagi siswa SMA juga masih berkutat tentang mesin, namun lebih detail dan spesifik. Sedangkan bagi wisatawan umum diberikan sajian sepeda uap dan sejarah angkutan.(*)


Topik

Wisata Museum-Angkut Movie-St


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurliana Ulfa

Editor

Redaksi