Khofifah: Perempuan Jangan Berperilaku Imitatif

Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok/MalangTIMES)
Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menilai kecantikan seorang perempuan tidak hanya dilihat dari fisik. Seorang perempuan dikatakan cantik apabila mampu menjadi diri sendiri dan tidak melakukan perilaku imitatif.

"Kasihan perempuan jika tidak sempat menjadi diri sendiri. Kalau cantik itu hanya dimaknai berkulit putih nanti semua orang pakai obat pemutih. Kalau dimaknai cantik itu rambutnya panjang nanti rambutnya disambung-sambung," ujar Mensos usai menjadi pembicara pada acara perempuan di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Makna kecantikan menurut Mensos ini sejalan dengan pesan Gus Dur. Mensos mengingatkan bahwa Gus Dur pernah berpesan "be your self and do the best" yang berarti jadi diri sendiri dan lakukan yang terbaik. Pesan ini, lanjutnya,  jika dijadikan pegangan hidup bagi kaum perempuan maka tidak akan ada perilaku imitatif.

"Maka perempuan yakinlah bahwa pada diri anda ada kemampuan, cuma kadang-kadang tidak sempat dideteksi," kata Mensos.

Agar kemampuan yang ada pada masing-masing perempuan terlihat, sangat diperlukan lingkungan yang mendukung. Lingkungan dimana perempuan itu berproses memang harus disiapkan dan harus ada pendampingan serta advokasi misalnya ada program keterampilan dan pelatihan. (*)

Pewarta : Deasy Mayasari
Editor :
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Indonesia (JatimTimesNetwork)
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top