KH Hasyim Muzadi: Pesantren Harus Pertahankan Fikrah Aswaja Annahdiyah

KH Hazim Muzadi
KH Hazim Muzadi

MALANGTIMES - Mantan Ketua Umum PBNU KH. Hasyim Muzadi, memberikan perhatian cukup serius terhadap lembaga pendidikan Pesantren. Sebab, periode awal dakwah Islam dilakukan para wali di Indonesia dan dilanjutkan ulama-ulama pesantren.

Demikian disampaikan KH. Hasyim Muzadi dalam acara malam puncak Haul Almarhumin di Pesantren Buntet Cirebon.

Pada kegiatan rutin tahunan ini, hadir pula Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Jodie Rooseto , Para Masayikh Pesantren Buntet KH. Nahduddin Abbas, KH. Anas Arsyad, KH. Adib Rofiudin Izza, juga para pejabat dan tokoh masyarakat serta ribuan jamaah dari berbagai kota sekitar Cirebon.

”Pesantren harus bangkit mempertahankan Fikrah Aswaja Annahdiyah. Karena saat ini sedang terjadi "Ghozwul Fikri" (Perang Pemikiran). Masing-masing mengaku dan merasa manhaj sendiri-sendiri dan menjamin terselenggaranya Islam Rahmatan Lil Alamin,” terang penulis buku ”Membangun NU Pasca Gus Dur”, Grasindo, Jakarta, 1999.

Ketua Umum Tanfidziyah PBNU 1999–2010 menambahkan, sekarang sudah waktunya para ulama bernahdlhoh (bangkit) untuk meneruskan perjuangan yang telah digali dan diperjuangkan ulama salafussholih. Kemudian, lanjutnya, menyajikan kepada masyarakat dengan cara atau metode yang baru, tetapi barangnya adalah barang lama.

Almuhafadzatu ‘alal qodimissholih wal ‘akhdu bil jadidil Ashlah tanpa harus menggeser "miqatnya" dan merubah "manhajnya". Yang kita perjuangkan adalah Alquran dan hadits. Yang kita perjuangnkan adalah Ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah,” tegasnya. (*)

Pewarta : Busri Toha
Editor : Hari Istiawan
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Indonesia (JatimTimesNetwork)
  • Bantu 1,4 Juta KPM Bantuan Pangan, Kemensos Genjot Jumlah E-Warung dan RPK

    Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan (KPM) Pangan sebanyak 1,4 juta akan segera mendapatkan bansos di tahun ini.

  • Main Bola di Bibir Pantai Gatra

    Rombongan kami tiba di lokasi Clungup Mangrove Conservation (CMC) pada pukul 13.30 WIB.

  • Trending, Puluhan Ribu Cuitan #UmatMenjagaUlama

    Media sosial berlogo burung biru Twitter sedang banjir tagar #UmatMenjagaUlama.

  • Kabupaten Malang Digelontor Bansos Rp 328 Miliar oleh Kementerian Sosial

    Tahun 2017, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp 328 Miliar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Malang.

  • Reza Pukau Bupati Malang

    Reza Nur Aini (17), siswi kelas 11 MA Darul Huda, Tlepu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), memukau Bupati Malang Rendra Kresnabdalam acara Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Hibah Dalam Negeri.

  • 2017, Bantuan PKH Berkurang di Kabupaten Malang

    Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI tahun 2017 di Kabupaten Malang menurun, baik secara kuota penerima maupun besaran jumlah bantuan.

  • AYOjek, Aplikasi Arek Malang yang Nggak Hanya Pesan Ojek

    Dunia kini mulai beralih ke serba digital. Hampir seluruh kota di Indonesia diduduki GOjek. Tukang ojek hijau yang dipesan lewat aplikasi itu seolah memperkuat bahwa kita sedang di era apa saja tinggal tekan tombol pada smartphone.

  • Mensos Minta Yayan Belajar yang Baik supaya Jadi Ustad

    Menteri Sosial (Mensos) RI Khififah Indar Parawansa mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiro di Jalan Joyo Agung No 2 Tlogomas, Kecamatang Lowokwaru, Kota Malang, Minggu (22/1/2017) malam. Kedatangannya dalam rangka menjenguk Yayan (15), saudara kemba

  • Sejenak di Pantai Ungapan

    Matahari kian meninggi saat kami melanjutkan perjalanan. Deru suara laut dan keindahan yang terbentang sepanjang perjalanan lagi-lagi menggoda kami untuk sejenak menepi. Pilihan kami jatuh pada Pantai Ungapan.

  • DPRD Kabupaten Malang Minta Antisipasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

    Komisi B DPRD Kabupaten Malang meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk proaktif menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian dan imigrasi dalam upaya mengantisipasi maraknya isue Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk Indonesia s

  • Serunya Piknik Berlatar Pegunungan Jalur Lingkar Selatan

    Perjalanan terus berlanjut. Cuaca bersahabat hingga kami pun memutuskan berhenti sebentar. Pegunungan Kabupaten Malang yang terbentang di Jalur Lingkar Selatan (JLS) menggoda kami.

  • Dilepas Gus Lukman, Rombongan Berangkat Arungi Pantai Malang

    Keindahan pantai di wilayah Kabupaten Malang tak lagi dapat diungkapkan dengan kata-kata. Penikmat pantai tentu hafal betul pantai-pantai indah itu berderet di sepanjang bibir Pantai Selatan Malang.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top